Resep Kue Lampu-Lampu Khas Manado

by

Ngetren.co.idKuliner, Kue lampu-lampu adalah salah satu makanan khas Manado Sulawesi Utara. Kue ini adalah salah satu kuliner yang enak dan lezat. Dan termasuk kue basah.

Makanan ini biasanya di sajikan pada acara hajatan serta perayaan adat tradisional masyarakat Manado. Kue lampu sendiri memiliki ciri khas yang unik dan lembut. Proses pembuatannya pun terbilang mudah. Bagi anda yang ingin mencoba kelezatan dan enaknya kue lampu khas Manado ini tentu bisa membuatnya sendiri dirumah dengan mudah dan praktis.

Baca Juga : Resep Ikan Tude Rica-Rica

Berikut resep dan proses pembuatan kue lampu khas Manado yang enak dan legit.

Resep Kue Lampu-Lampu Khas Manado

Bahan Kue Lampu-Lampu Manado :

  • 100 gram tepung beras
  • 250 ml santan
  • 2 lembar daun pandan
  • 3 sendok makan gula jawa/merah
  • 1/2 sendok teh garam
  • pasta pandan secukupnya
  • wadah takir secukupnya (terbuat dari daun pisang untuk wadah kue dan berbentuks eperti perahu)

Cara Membuat Kue Lampu-Lampu Manado :

  1. Persiapkan semua bahan yang di butuhkan setelah itu campur tepung beras bersamaan dengan santan kelapanya. tambahkan sedikit garam aduk hingga merata.
  2. Masukkan pasta pandan secukupnya (sesuai selera) aduk kembali sampai rata. langkah berikutnya sisir tipis gula jawa yang sudah di siapkan tadi.
  3. Selanjutnya tinggal masukkan sisiran gula jawa, letakan ke dalam wadah takir kemudian masukkan pula adonan campuran tepung di atasnya.
  4. Kukus selama 7 menit / setengah matang kemudian tambahkan daun pandan dan kukus kembali sampai matang kurang lebih sekitar 10-15 menit.
  5. Setelah matang di dinginkan dahulu dan kue lampu siap di hidangkan.

Nah, sangat mudahkan proses pembuatannya jadi anda dapat membuatnya sendiri dirumah. Selamat Mencoba!!!