Resep Kue Bikang Mandar

by

Ngetren.co.idKuliner, Berkunjung ke daerah Mandar, Sulawesi Barat tidak lengkap rasanya jika tidak mampir mencicipi kue khas Mandar yang sangat terkenal dengan kelezatannya yaitu Kue Bikang Mandar.

Kue bikang Mandar merupakan makanan khas Sulawesi Barat yang terkenal sampai di daerah Kabupaten Mamuju, Majenne, dan Polewali Mandar, tetapi dengan nama yang berbeda.

Serabi khas suku Mandar disebut Bikang. Kue Biakng Mandar lebih mirip dengan kue Serabi yang disajikan dengan lelehan gula aren cair. Biasanya makanan ini di sajikan sebagai cemilan makanan utama di barengi dengan secangkir teh  hangat.

Perpaduan kue Bikang dengan lelehan gula aren cair menjadikan citarasa kue bikang sangat enak dan manis. Dari teksturnya, kue bikang memiliki banyak pori, nah pori ini fungsinya adalah ketika  kue bikang di siram dengan gula aren,dan langsung meresap ke dalam kue. Hmhmhm Lumerrr.

Baca Juga: Resep Lokasari Enak Khas Mandar

Cara pembuatannya pun terbilang unik. Tak bakal di temukan di tempat lain . kue ini dimasak tidak menggunakan kompor, tetapi menggunakan “Pallu” sebagai pengganti kompor dan “Panjapengan” sebagai pengganti wajan. Inilah yang membuat kue Bikang sangat khas dan rasa yang enak.

Berikut resep dan cara pembuatan Kue Bikang Mandar yang Enak yang bisa anda coba buat di rumah.

Resep Kue Bikang Mandar Enak

Bahan-bahan:

  • 350 gram Tepung Beras
  • 2 sendok makan Tepung Terigu
  • 900 ml Santan
  • 125 gram Gula Pasir
  • Garam secukupnya
  • Pewarna Kue secukupnya
  • 50 gram Areh / Santan Kental (direbus)

Cara Pembuatan:

  1. Ambil 200 ml santan, campur dengan 2 sdm tepung beras hingga larut. Masak di api kecil sambil diaduk-aduk hingga mendidih, lalu angkat.
  2. Tuang ke dalam mangkok besar, tambahkan gula, garam, terigu, pewarna kue, dan sisa tepung beras. Aduk hingga rata sambil tuangi sisa santan hingga menjadi adonan yang licin
  3. Pukul-pukul adonan dengan telapak tangan selam sekitar 30 mnt hingga adonan mulur dan ringan.
  4. Tuangi sisa santan, aduk hingga rata. Istirahatkan adonan selama 1 jam.
  5. Panaskan cetakan bikang di atas api sedang, tuang adonan ke dalam tiap lubang cetakan hingga hampir penuh. Tetesi sedikit adonan berwarna. Masak hingga matang.
  6. Angkat kue dengan mencungkil bagian bawah hingga kue merekah, lalu angkat.
  7. Susun di piring yang cantik dan Bikang Mandar siap disajikan.

“Bagaimana, mudah dan sederhana bukan? semoga bermanfaat dan menambah referensi resep masakan dapur Anda untuk keluarga.”

# Selamat Mencoba!!!