10 Makanan Khas Makassar yang Wajib Anda Coba Saat Singgah di Kota Ini!

by -213 views

Ada beragam makanan khas Makassar dengan cita rasa yang khas harus Anda coba saat berkunjung ke kota ini.

Para wisatawan yang berkunjung ke kota ini seolah dimanjakan dengan keanekaragaman rasa yang dihadirkan dari makanan khas Makassar. Beberapa menu kuliner tersebut bahkan telah menjadi ikon yang wajib dicicipi saat Anda berkunjung ke Makassar.

Berikut ini kami berikan daftar makanan apa saja yang menjadi ciri khas kota Makassar dan wajib Anda coba saat berwisata ke kota ini!

1. Coto Mangkasara

Makanan khas Makassar yang satu ini memiliki cita rasa tinggi dan merupakan hidangan khusus kalangan istana kerajaan Gowa.

Aroma dan rasanya yang khas dihasilkan oleh bumbu hidangan Coto Makassar juga berfungsi sebagai penawar zat kolesterol yang terkandung di dalamnya.

2. Pallubasa

Sepintas, tampilan makanan ini memang mirip dengan Coto Makassar, tetapi keduanya merupakan menu kuliner yang berbeda.

Perbedaan terletak pada cara memasaknya. Selain itu, Pallubasa menjadi lebih spesial dengan tambahan telur ayam setengah matang.

Perbedaan juga terletak pada cara menyatapnya yang menggunakan burasa (nasi yang dibuat dengan daun pisang) berukuran cukup besar.

3. Sop Konro

Awalnya, Sop Konro dibuat menggunakan daging kerbau, namun karena daging kerbau yang sudah jarang dijual dan harganya cukup mahal, kemudian diganti dengan daging sapi dengan harga yang lebih terjangkau.

4. Sop Saudara

Tidak jauh berbeda dengan Coto Makassar, Sop Saudara juga berbahan baku yang sama berupa daging sapi. Perbedaan terletak pada kuahnya yang diberi tambahan bihun, perkedel kentang, dan ada juga yang diberi tambahan susu untuk memberi sensasi rasa manis pada makanan ini.

5. Pallumara

Pallumara khas Makassar dibuat dengan bahan dasar ikan. Pallu artinya masak, dan mara artinya kering atau kental, sehingga umumnya Pallumara dimasak dengan kuah yang sangat kental.

6. Mie Kering

Makanan khas Makassar satu ini berupa mie yang dipanggang hingga kering, kemudian disiram menggunakan kuah kental panas yang berisi udang, bakso, sawi, dan daging ayam.

7. Konro Bakar

Konro Bakar disajikan dengan bumbu kacang khas Makassar yang diberi taburan bawang goreng di atasnya, serta diberi kuah sop konro dan nasi putih.

8. Pisang Epe

Pisang Epe telah populer di Makassar sejak tahun 1970-an. Makanan ini sejenis camilan berbahan dasar pisang kapok yang sudah tua dengan rasa yang manis dan gurih.

9. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo menjadi jajanan khas Makassar yang sangat laris saat bulan Ramadhan tiba. Rasanya yang manis memang sangat pas disajikan sebagai salah satu menu untuk berbuka puasa.

10. Jalangkote

Jajanan khas Makassar berikutnya berasal dari dua kata yaitu “jalang” yang artinya jalan, dan kote yang artinya berteriak. Camilan ini sepintas hampir sama dengan pastel, perbedaan ada pada kulitnya yang lebih tipis dibandingkan pastel.

Itulah 10 makanan khas Makassar yang wajib Anda cicipi saat berwisata ke kota ini. Jangan lupa untuk membeli lebih banyak untuk oleh-oleh bagi keluarga di rumah ya!