Tebing Gunung Hawu, Tempat Rekreasi di Bandung yang Indah dan Memacu Adrenalin

by

Gunung Hawu menjadi tempat rekreasi di Bandung yang memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan dengan gunung-gunung lain.

Pemandangan matahari terbitnya yang indah sangat memanjakan mata. Anda dapat menikmati keindahan tersebut sambil merebahkan diri di hammock yang tergantung di antara dua tebing.

Keindahan Tebing Gunung Hawu tidak hanya memanjakan mata, tapi juga akan memacu adrenalin Anda. Awalnya hammock ini dibangun oleh warga setempat untuk mengawasi para penambang batu kapur yang datang ke Gunung Hawu.

Oleh karena pemandangannya yang mempesona, aktivitas hammock ini pun mulai dipopulerkan sebagai fasilitas wisata untuk menarik minat para pengunjung.

Lokasi Tebing Gunung Hawu

Lokasi wisata unik di Bandung yang satu ini terletak di Desa Cidadap, Kec. Padalarang, Kab. Bandung Barat, Prov. Jawa Barat. Diperlukan waktu sekitar 30 menit untuk trekking ke Puncak Gunung Hawu.

Letaknya berada di belakang Tebing Citatah, gunung batu kapur Singgalang. Selain dengan berjalan kaki, lokasi Tebing Gunung Hawu juga dapat diakses menggunakan kendaraan roda empat.

Medannya memang agak sulit untuk dilalui, pastikan Anda sedang dalam kondisi benar-benar fit saat melakukan trekking ke Gunung Hawu. Namun lelahnya perjalanan akan terbayarkan ketika Anda telah sampai di Puncak Gunung Hawu.

Dari atas tebing, Anda dapat menikmati pemandangan yang eksotis, berupa area persawahan yang hijau, dan kawasan perbukitan yang mempesona.

Pemandangan semakin menakjubkan saat menyaksikan matahari terbit, panorama Tebing Gunung Hawu sungguh mengagumkan dan tidak kalah eksotis dengan panorama Gunung Bromo dan Dataran Tinggi Dieng.

Daya Tarik Wisata Tebing Gunung Hawu

Di tengah Gunung Hawu juga terdapat sebuah lubang besar, itulah mengapa gunung ini dinamakan “Hawu”, yang dalam bahasa Sunda artinya tungku yaitu alat untuk memasak secara tradisional.

Jangan sampai lupa membawa kamera, karena ada banyak spot keren yang bisa Anda jadikan latar untuk berfoto di sekitar puncak Gunung Hawu.

Datanglah saat pagi hari ke Gunung Hawu, tangkap momen terindah Anda ketika sinar matahari mulai menyelinap dan menyajikan pemandangan indah yang sangat instagramable.

Puas menikmati keindahan di Tebing Gunung Hawu, Anda bisa beralih ke beberapa obyek wisata yang berada tidak begitu jauh dari lokasi, seperti Stone Garden Citatah, dan Goa Pawon.

Di tempat tersebut juga terdapat tebing yang menjulang tinggi. Selain melakukan trekking, Anda juga bisa menyewa kuda dan memakai kostum ala orang Indian.

Hal lainnya yang tidak boleh dilewatkan saat liburan ke Padalarang adalah berburu wisata kulinernya yang lezat. Meski rumah makan di sekitar tempat ini tidak begitu banyak, namun hampir setiap rumah makan di Padalarang selalu ramai oleh pengunjung.

Anda dapat menikmati beragam menu hidangan khas Sunda di rumah makan yang ada di sekitar Padalarang. Mulai dari Bakakak Ayam, Nasi Timbel, Karedok, dan masih banyak lagi kuliner sedap lainnya yang bisa Anda nikmati di Padalarang.

Nah, tertarik untuk mengunjungi tempat rekreasi di Bandung yang satu ini? Ayo dong, kapan nih merencanakan liburan ke Tebing Gunung Hawu?