4 Tempat Wisata Murah yang Bisa Anda Kunjungi di Sekitar Jakarta

by -64 views

Liburan telah menjadi kebutuhan bagi kaum urban untuk mengurangi stres di akhir pekan. Enggak perlu jauh-jauh, banyak kok tempat wisata murah di sekitar Jakarta yang bisa menjadi destinasi liburan yang menarik.

Di mana saja tempat-tempat wisata tersebut? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

1. Monumen Nasional (Monas) – Jakarta Pusat

Monas (Monumen Nasional) menjadi simbol dari Kemerdekaan Indonesia dan juga ikon dari Ibukota Jakarta bahkan Indonesia. Monas didirikan dengan tujuan awal untuk mengenang jasa para pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan.

Tempat wisata berupa bangunan monumen yang memiliki mahkota berbentuk lidah api yang dilapisi emas ini buka setiap hari mulai jam 08.00 sampai 15.00. Datang ke Monas bersama keluarga enggak bikin kantong bolong kok.

Harga tiket masuk Monas relatif terjangkau, yaitu Rp 5 ribu untuk dewasa dan Rp 3 ribu untuk anak-anak dan mahasiswa. Pengunjung yang ingin naik masuk ke dalam bangunan dan naik ke puncak akan dikenakan biaya tambahan sebesar 10 ribu untuk dewasa, dan Rp 5 ribu untuk anak-anak.

Bagaimana, murah bukan?

2. Taman Bunga Wiladatika – Depok

Tempat wisata murah di sekitar Jakarta yang berikutnya adalah Taman Bunga Wiladatika. Memang sih secara administratif, tempat wisata ini tidak masuk dalam wilayah Jakarta. Tapi lokasinya tidak begitu jauh kok dari Jakarta.

Tempat wisata Taman Bunga Wiladatika cukup favorit didatangi pengunjung, terutama para remaja. Di taman bunga ini, Anda dapat menjumpai beragam koleksi bunga yang indah dan cantik.

Lokasi Taman Bunga Wiladatika berada di Jl. Jambore No. 1, Kota Depok. Selain menikmati pemandangan bunga-bunga yang indah, di tempat ini juga tersedia beragam fasilitas wisata dan taman bermain yang cocok untuk keluarga.

3. Kebun Binatang Ragunan – Jakarta Selatan

Lokasi Kebun Binatang Ragunan terletak di Jl. Harsono No. 1 Ragunan, Jakarta Selatan. Berwisata ke tempat dengan beragam koleksi flora dan fauna ini dapat menjadi liburan yang menyenangkan bersama keluarga.

Ada sekitar 270 spesies binatang dan 171 spesies tanaman di Kebun Binatang Ragunan. Sebagai kebun binatang pertama di Indonesia yang dibangun sejak tahun 1864, Kebun Binatang Ragunan menjadi salah satu tempat wisata favoritnya orang Jakarta.

4. Pulau Cangkir – Tangerang

Masih di sekitar kawasan Jabodetabek, tepatnya di Kabupaten Tangerang terdapat wisata bahari yang menarik untuk dikunjungi. Wisata dengan nama Pulau Cangkir ini memiliki luas sekitar 2,5 hektar dan terdapat makam Pangeran Jaga Lautan di sini.

Lokasi Pulau Cangkir berada di Desa Kronjo, Kec. Kronjo, Kab. Tangerang. Sebelum tahun 1995, Pulau Cangkir terpisah dari Pulau Jawa. Baru kemudian dibangun jalan penghubung untuk para wisatawan yang ingin menyeberang ke Pulau Cangkir.

Itulah 4 tempat wisata murah di sekitar Jakarta yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Mau liburan? Enggak harus mahal kelles…