Tips Berlibur Murah di Yogyakarta

by -52 views

Banyak yang bilang Yogyakarta itu rumah, termasuk bagi para pelancong yang pernah stay di Kota Pelajar ini. Kesederhanaannya melekat di ingatan dan selalu memanggil untuk kembali ke tanah ini.

Mungkin Anda yang memang pernah tinggal di Yogyakarta untuk beberapa tahun sedang merasakan hal yang sama dan berpikir untuk mengunjungi kota ini lagi.

Pilihan yang tepat karena kota ini juga dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang cukup murah untuk dijadikan lokasi wisata. Jadi, merealisasikan tips berlibur murah di kota ini tidaklah sulit.

Berapa dana yang perlu dipersiapkan? Hal ini tidak bisa dijawab dengan pasti karena kebutuhan setiap orang berbeda. Tapi Anda bisa mulai menghematnya dari pemilihan tiket kelas ekonomi untuk transportasinya.

Baik dengan kereta api atau pun bus, Anda bisa sampai di Yogyakarta dengan selamat kok. Setelah sampai, tipe transportasi dalam kota yang relatif murah seperti becak ataupun ojek online siap mengantar Anda.

Ada banyak penginapan murah di Yogyakarta, bahkan dari harga Rp50 ribu per malam. Tentunya hal ini bisa didapatkan kalau rajin-rajin cari dan tanya-tanya. Daerah Sosrowijayan jadi alternatif tips berlibur murah karena lokasinya strategis, banyak penginapan, dan bisa dijangkau dengan kendaran kecil.

Tidak jauh dari penginapan di Sosrowijayan, Anda bisa jalan-jalan ke daerah Malioboro atau Tugu Pal Putih yang legendaris. Makan di angkringan KR atau ngopi arang jadi pilihan liburan santai yang murah meriah.

Kalau berkeinginan sedikit lebih jauh, kunjungi tempat-tempat bersejarah seperti daerah Ngasem dan Taman Sari. Tiket masuknya bahkan hanya Rp5 ribu per orang.

Alternatif lain bisa mengunjungi Benteng Vredeburg dan Museum Serangan Umum 1 Maret yang sejatinya tidak jauh dari Malioboro dan Titik Nol Kilometer. Wisata alam seperti Pantai Parangtritis atau mengunjungi Pantai Goa Cemara bisa jadi alternatif karena di dekat pantai tersebut sekarang ada spot wisata baru yaitu Taman Bunga Matahari.

Tidak sudah merealisasikan tips berlibur murah di Yogyakarta. Kalau hanya mengunjungi tempat-tempat tadi, bukan tidak mungkin uang Rp 500 ribu bisa untuk berlibur 3 hari plus dengan makan 3 kali sehari. Tergoda untuk segera liburan?