5 Lokasi Wisata di Banjarmasin yang Seru untuk Liburanmu

by -47 views

Lokasi wisata di Banjarmasin tidak hanya terkenal dengan Sungai Barito saja. Tapi juga beragam tempat wisata lainnya yang menarik dan kerap menjadi destinasi para traveler.

Jika Anda sedang merencanakan liburan ke Kota Banjarmasin, berikut ini kami berikan referensi tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi!

1. Pulau Kembang

Pulau Kembang merupakan sebuah pulau yang terletak di tengah Sungai Barito. Pulau ini menjadi habitat bagi sejumlah monyet dan beberapa jenis burung.

Saat datang ke pulau ini, bawalah makanan ringan atau buah-buahan untuk mengalihkan perhatian monyet-monyet dari tas ataupun barang bawaan Anda.

Di Pulau Kembang juga terdapat sebuah kuil dan altar yang di dalamnya berdiri patung monyet putih Hanuman. Warga Tionghoa sering menggunakan kuil tersebut untuk meletakkan sesaji pada waktu-waktu tertentu.

2. Pantai Jodoh

Pantai Jodoh merupakan tempat wisata di Banjarmasin yang menjadi salah satu spot menarik di Taman Siring. Namanya yang unik memang membuat banyak wisatawan penasaran untuk datang ke pantai ini. Lokasinya beralamat di Jl Jenderal Sudirman, atau depan Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

3. Taman Siring Sungai Martapura

Saat sore hari, Taman Siring Sungai Martapura menjadi tempat nongkrong yang ramai oleh anak-anak muda. Lokasinya berada di antara Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Kapten Tendean.

Beberapa spot juga menjadi tempat memancing yang favorit. Di Taman Siring sudah tersedia bangku-bangku untuk Anda bersantai sambil menikmati kuliner yang banyak dijajakan di sekitar taman ini.

4. Taman Maskot

Kota Banjarmasin memiliki dua maskot yang terkenal, yaitu Bekantan dan Pohon Kasturi. Di gerbang masuk Taman Maskot, Anda akan menjumpai patung bekantan dan tak jauh di belakangnya ada lagi patung kasturi dengan monyet-monyet yang sedang bergelantungan.

Terdapat rumah tanaman yang berisi banyak kaktus, lidah buaya, dan beberapa jenis tanaman dalam pot lainnya yang bisa Anda jumpai di bagian kanan gerbang masuk.

Fasilitas di Taman Maskot cukup lengkap, mulai dari area parkir, mushola, bangku-bangku taman, warung makan, arena bermain anak, dan juga toilet. Lokasinya berada di pusat kota, atau tepatnya di Jl. H. Djok Mentaya, Kota Banjarmasin.

5. Museum Wasaka

Bagi Anda yang ingin berwisata sambil belajar tentang sejarah Kota Banjarmasin bisa datang ke Museum Wasaka yang terletak di Jl. H. Andir, Kampung Kenang Ulu, Banjarmasin Utara.

Wasaka adalah akronim dari Waja Sampai Kaputing, yang merupakan slogan perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Dari luar Anda sudah dapat menikmati keindahan arsitektur bangunan museum yang dibuat dengan gaya rumah adat Banjarmasin.

Museum Wasaka menyimpan berbagai macam benda bersejarah yang berhubungan dengan Kota Banjarmasin, mulai dari koleksi foto, mesin ketik, seragam yang digunakan oleh para pahlawan, hingga senjata yang dipakai untuk melawan penjajah.

Keunikan yang mungkin tidak banyak diketahui oleh rakyat Indonesia, di Museum Wasaka terdapat teks proklamasi yang dibuat pada tanggal 17 Mei 1949.

Isi Teks Proklamasi tersebut berbeda dengan teks proklamasi yang dibacakan oleh Bung Karno saat Deklarasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Berdasarkan Perjanjian Linggarjati, awalnya Kalimantan tidak masuk dalam wilayah NKRI. Namun rakyat Kalimantan tetap berjuang untuk menjadi bagian dari NKRI dan berhasil menyatakan kemerdekaannya setelah empat tahun berselang dari Deklarasi Kemerdekaan Indonesia.

Itulah 5 lokasi wisata di Banjarmasin yang dapat menjadi rujukan untuk liburan Anda. Jangan sampai ada terlewatkan yah!