Resep Cucur Khas Sulbar Yang Menggugah Selerah

by

Ngetren.co.idKuliner, kue cucur merupakan makanan tradisional yang sering dijumpai di berbagai daerah salah satunya di Sulawesi Barat. Makanan ini sangat khas , baik tekstur, bentuk, maupun rasanya.tidak heran jika berbagai daerah di Indonesia mengkreasikan makanan ini dan menjadikannya sebagai kuliner khas mereka.

Cucur di Sulawesi Barat tidak berbeda dengan cucur pada umumnya. Rasanya yang manis dan teksturnya lembut serta bentuknya bulat pipih.

Perbedaan cucur Sulawesi barat dengan cucur lainnya terletak pada kekhasan rasa yang tercipta pada cucur tersebut. Itulah yang membuat kue cucur khas Sulawesi Barat tidak pernah di buang jauh dan terus di pertahankan.

Baca Juga: Resep Kue Bikang Mandar

Kue cucur biasanya di hidangakan di acara pernikahan maupun khitanan di Sulawesi Barat. Makanan ini merupakan menu wajib di antara panganan yang umum disajikan masyarakat Sulbar dan sekitarnya dalam acara tersebut.

Berikut Resep Cucur Khas Sulawesi Barat yang bisa anda coba dirumah.

Resep Cucur Yang Mengunggah Selerah

Bahan-bahan:

  • 230 ml air
  • 125 gram gula merah
  • 2 lembar daun pandan
  • 125 gram tepung beras
  • 30 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sendok teh garam

Cara membuat :

  1. Didihkan air, gula merah, dan daun pandan sampai gula larut. Saring. Diamkan hingga hangat kuku.
  2. Campur tepung beras, tepung terigu, dan garam. Tuang larutan gula sedikit-sedikit sambil diuleni.
  3. Setelah adonan kental, keplok-keplok 30 menit sambil terus dituangi larutan gula sedikit sampai habis. Diamkan 40 menit.
  4. Panaskan 4 sendok makan minyak dalam wajan cekung kecil. Tuang adonan cucur. Siram-siram dengan minyak panas sampai mengembang dan berserat. Tusuk bagian tengahnya dengan tusuk gigi sambil diputar-putar sehingga adonan yang masih mentah keluar lalu siram-siram sampai matang.
  5. Balik sebentar. Angkat.
  6. Cucur siap di nikmati

Tips berikut ini bisa menjadi pegangan Anda agar sukses membuat kue cucur yang sempurna :

  1. Minyak harus benar-benar panas sehingga adonan dapat mengembang dan berserat.
  2. Jika minyak mulai berkurang, tambahkan lagi seperti awal.
  3. Setiap akan menuangkan adonan berikutnya, minyak hendaknya dipanaskan kembali sesaat. Lakukan seperti itu seterusnya.
  4. Ketika akan menuangkan adonan, jangan lupa mengaduk-aduk adonan terlebih dahulu.

“Bagaimana, mudah dan sederhana bukan? semoga bermanfaat dan menambah referensi resep masakan dapur Anda untuk keluarga.”

# Selamat Mencoba!!!