Resep Kaledo Enak Khas Sulawesi Tengah

by

Ngetren.co.idKuliner, Kaledo adalah salaah satu nama masakan tradisional khas Provinsi Sulawesi Tengah yang sangat terkenal. Kaledo ini menggunakan bahan dasar kaki sapi yang diolah dengan cara dibuat menjadi masakan berkuah seperti sop.

Dari sajiannya, masakan kaledo ini memang hampir mirip dengan masakan sup seperi biasa, namun yang membedakannya dengan masakan sup lain terletak dari racikan bumbunya yang menggunakan bahan-bahan seperti cabe rawit,asam jawa serta bumbu lainnya.

Citarasa masakan ini sangatlah nikmat dan lezat, mulai dari tampilan kuahnya hingga makanan sop kaki sapinya. Biasanya makanan ini disajikan bersama buras atau lontong pada saat hari raya lebaran.

Perpaduan kaki sapi dengan bumbu rempah-rempah menjadikan makanan ini sangat enak, gurih dan lezat sehingga banyak diminati masyarakat Palu.

Baca Juga: Resep Kue Cucuru Bayao Enak Khas Pangkep

proses pembuatannya pun terbilang cukup mudah karna dilihat dari bahan-bahan yang digunakan sangat mudah didapatkan. Berikut resep dan cara pembuatan Kaledo enak khas Sulawesi Tengah.

Resep Kaledo Enak Khas Sulawesi Tengah

Bahan-bahan:

  • 1 kg Daging Sapi dan Tulang Kaki Sapi
  • 20 buah Cabai Rawit Hijau
  • 6 ruas Asam Jawa yang mentah
  • 1 batang Serai
  • 1 ruas Jahe
  • Garam secukupnya
  • 1 buah Jeruk Nipis
  • Penyedap Rasa

Cara membuat:

  1. Pertama anda cuci terlebih dahulu daging sapi dan tulang kaki sapi hingga bersih.
  2. Kemudian anda masukkan air kedalam panci dan masak hingga mendidih
  3. Lalu masukkan daging dan tulang kaki sapinya kedalam panci tersebut, dan anda masak hingga dagingnya setengah matang dan empuk.
  4. Setelah itu anda buang air rebusan daging tersebut dengan cara ditiriskan. Kemudian anda masukkan lagi air kedalam panci dan daging dan tulang yang sudah matang anda masukkan kembali kedalam panci tersebut, hal ini dimaksudkan agar mengurangi lemak daging pada kuah masakan.
  5. Anda rebus hingga mendidih, setelah mendidih anda masukkanlah cabai rawit hijau, asam jawa, penyedap rasa dan garam secukupnya.
  6. Tutup pancinya dan rebus kembali hingga daging dan tulang kakinya benar-benar matang dan bumbunya tercampur rata.
  7. Kaledo Siap disajikan
  8. Sajikan dengan keadaan panas.

Selamat Mencoba!!!