Resep Dodol Amurang Khas Manado

by

Ngetren.co.idKuliner, Dodol amurang adalah salah satu jenis makanan tradisional khas Manado, Sulawei Utara tepatnya berasal dari daerah Amurang, MinahasaSelatan.itulah sebabnya makanan ini diberi nama dodol amurang.

Makanan ini sangat terkenal di daerah Manado khususnya daerah Amurang. Rasanya yang legit serta perpaduan taburan kenari membuat rasa dodol amurang semakin enak dan nikmat.

Saat mencicipi dodol amurang pasti akan membuat penikmatnya tidak berhenti mengunyah, sebab rasanya yang manis dan enak serta teksturanya yang kenyal.

Untuk membuat dodol amurang memang tidak terlalu mudah dan tidak terlalu susah bisa juga disebut ya gampang-gampang susah.

Baca Juga : Resep Kue Basah Pinende

Nah, untuk anda yang penasan dengan citarasa dodol amurang ini anda dapat membuatnya  sendiri dirumah. Berikut resep dan proses pembuatan dodol amurang khas Manado.

RESEP DODOL AMURANG KHAS MANADO

Bahan Dodol Amurang Khas Manado :

  • 1000 grm tepung ketan putih
  • 650 grm gula merah
  • 250 grm kenari
  • Daun pisang atau kertas minyak untuk membungkus

Cara Membuat Dodol Amurang Khas Manado :

  1. Gula merah direbus dengan air secukupnya sampai mendidih dan larut kemudian diamkan sampai hangat.
  2. Tepung ketan putih dimasukkan kedalam wadah dan selanjutnya uleni tepung tekan putih ini dengan setengah air rebusan gula merah sedikit demi sedikit sampai adonan cukup untuk dibentuk.
  3. Tambahkan sisa air rebusan gula merah sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan tercampur rata.
  4. Kemudian adonan dibungkus dengan kertas minyak atau daun pisang, lakukan sampai adonan habis.
  5. Setelah itu, kukus adonan yang sudah dibungkus dengan api besar sampai matang atau kurang lebih dikukus selama 3-5 jam
  6. Taburi kenari diatasnya dan dodol amurang siap untuk dinikmati.

Nah, Dodol khas Manado ini patut anda coba resepnya dirumah agar anda bisa mengetahui rasa dari makanan tradisional ini. Selamat Mencoba