Wajib Singgah Kalau Di Sulawesi Barat

by

KULINER – NGETREN.CO.ID, Apabila berkunjung ke suatu daerah, maka beragam keunikan akan kita temui yang merupakan ciri khas identitas daerah tersebut, salah satu-nya adalah mencoba kuliner khas atau masakan asli daerah tersebut.

Dengan kata lain melakukan wisata kuliner seperti yang ada Polewali Mandar, Sulawesi Barat memang terkenal dengan wilayah pesisir pantainya yang indah. Beberapa lokasi wisata di daerah ini memanfaatkan keindahan pantai dengan jernihnya air laut memanjakan pengunjung.

Pantai dato majene, foto by: www.sewadrone.co.id

Tapi tidak hanya itu yang menarik minat pengunjung jika berkunjung ke Polewali Mandar. Mencicipi kuliner lezat khas menjadi salah satu keharusan. Salah satu makanan tradisional setempat itu adalah bau peapi.

masakan khas mandar bau peapi (foto by: upphay)

Kuliner andalan Mandar ini biasanya terbuat dari ikan tuna atau cakalang yang dimasak dengan bawang segar. Campuran rasa asam dari mangga dan belimbing membuat kuah dari makanan ini semakin segar.

Baupiapi adalah masakan khas mandar yang sangat kaya gizi. Hal ini bisa dilihat dari bahan-bahan yang digunakan sehingga menjadi Masakan Bau peapi. Mulai dari cabai rawit, merica, garam, minyak kelapa, kunyit, bawang mandar atau bawang merah, serta ikan cakalang atau tuna yang akan dimasak dan jangan lupa dengan asam mangganya