Resep Kabuto Kenyal Khas Kepulauan Muna

by

Ngetren.co.id Kuliner, Kabuto merupakan makanan khas masyarakat Kepulauan Muna Sulawesi Tenggara. Makanan ini berbahan dasar ketela pohon/singkong/dan ubi kayu yang telah dikeringkan.

Makanan ini menjadi menu favorit warga Muna. Proses pembuatannya pun cukup mudah Singkong yang telah di jemur kering akan direbus hingga matang,  Dalam jangka waktu lama dibiarkan mengering dan akan menambah rasa kenikmatan dan aroma dari makanan ini saat disajikan.

Makanan ini paling enak jika disandingkan dengan kelapa parut sebagai garnisnya serta juga dapat di makan dengan lauk ikan goreng dan ikan asing. Tekstur dari makanan ini sangat kenyal, namun ada juga yang terasa lembut seperti sebuah kue kering.

Baca Juga: Resep Kasuami Khas Buton

Nah, bagi anda yang ingin mencoba makanan yang satu ini anda dapat mengreasikannya di rumah dengan mudah. Berikut bahan dan cara membuat Kabuto Kenyal yang bisa anda coba di rumah.

Resep Kabuto Kenyal Khas Kepulauan Muna

Bahan-bahan:

  • Singkong, jumlah terserah anda sesuai kebutuhan
  • Air bersih

Cara membuat:

  1. Kulit singkong dikupas, dicuci lalu dijemur selama selama tiga hari, sampai terlihat setemhak kering.
  2. Singkokong disimpan dalam wadah tertutup selama sehari semalam sampai berubah warna menjadi kehitam-hitaman (fermentasi).
  3. Singkong dijemur kembali sampai kering. kulitnya dikikis menggunakan pisau, kemudian dipotong-potong. Rendam dalam air selama 6-8 jam.
  4. Cuci singkong hingga bersih, kukus Selama setengah jam sampai matang. Kabuto siap disajikan

“Bagaimana, mudah dan sederhana bukan? semoga bermanfaat dan menambah referensi resep masakan dapur Anda untuk keluarga.”

#Selamat Mencoba!!!