Resep Halua Kacang Kenari Khas Manado

by

Ngetren.co.idKuliner, Halua kenari merupakan hidangan khas Manado, Sulawesi  Utara yang bentuknya mirip gula-gula kacang. Rasanya yang manis dan gurih membuat makanan ini sangat enak dan lezat. Bahan utama makanan ini ialah kenari kupas.

Aroma kenari yang khas dan sangat harum sehingga membuat lidah ketagihan untuk mencicipinya. Makanan ini merupakan jajanan resmi masyarakat Manado serta di  bisa jadikan oleh-eleh khas Manado.

Merasakan sensasi makanan ini akan membuat para penikmatnya ketagihan. Apalagi rasanya manis dan nikmat,sangat pas disantap dengan secangkir kopi.

Baca Juga : Resep Kue Koyabu Asli Enak

Bagi anda yang penasaran dengan makanan ini abnda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Apalagi bahan yang digunakan tidak terlalu banyak,dan tidak akan menyulitkan anda, sebab kenari kupas dapat diganti dengna kacang almond atau kaca atau kacang biasa. Prosesnya pun sangat mudah.

Resep Halua Kenari Khas Manado

Bahan-bahan:

  • 5 ons kenari, dikupas lalu cincang kasar
  • 3 ons gula merah, disisir halus
  • ¾ ons gula pasir
  • 100 ml air

Cara Membuat:

  1. Panggang kenari cincang hingga matang dan kering. Angkat, dinginkan dan sisihkan.
  2. Campurkan gula merah, gula pasir, dan air dalam sebuah wadah, aduk rata. Masak menggunakan api kecil hingga mengental serta berambut.
  3. Tambahkan kenari cincang yang telah dipanggang, aduk rata.
  4. Taruh sekitar satu sendok makan adonan di atas loyang yang telah dialasi kertas minyak. Lakukan langkah ini sampai adonan habis. Diamkan adonan hingga dingin dan kering.
  5. Lepaskan adonan dari tempatnya.
  6. Halua siap disajikan

Nah sangat mudah kan membuatnya, silahkan anda mencoba membuatnya dirumah. Selamat Mencoba !!!