Ini Resep Makanan Khas Jepang Populer yang Patut Dicoba

by -196 views
orang Indonesia

Siapa yang tidak mengenal Jepang? Negara yang disebut sebagai negeri sakura ini memang memiliki beragam tempat wisata yang pesonanya luar biasa indah, mulai dari Tokyo Disneyland, Hiroshima Peace Memorial, Gunung Fuji, dan masih banyak lainnya. Namun ternyata tidak hanya tempat wisatanya saja yang indah, Jepang juga memiliki beragam kuliner yang sangat lezat. Macam-macam makanan Jepang yang saat ini populer memang patut untuk dicoba.

Orang Jepang memiliki keunikan dalam cara memasak. Bahkan bahan-bahan yang dipakai untuk memasak juga tergolong sehat dan enak, wajar saja apabila banyak orang yang ingin mencicipi masakan-masakan khas negeri matahari terbit tersebut. Sebenarnya untuk mencicipi makanan khas Jepang, Anda tidak harus makan di restoran Jepang, atau malah jauh-jauh ke Jepang. Anda bisa menciptakan cita rasa Jepang di rumah Anda sendiri. Berikut ini merupakan beberapa resep makanan khas Jepang populer yang patut dicoba di rumah.

Sushi Roll

Bisa dibilang bahwa sushi merupakan makanan khas Jepang yang paling populer. Makanan yang disebut sebagai ‘lempernya orang Jepang’ ini cukup mudah dan praktis dibuat. Anda cukup menyiapkan beberapa bahan-bahan seperti beras sushi, nori, cuka beras anggur, daging salmon, pasta wasabi, dan alpukat yang daging buahnya telah diiris. Untuk membuatnya, Anda cukup menanak beras sushi dengan memakai rice cooker. Setelah beras matang menjadi nasi, campurkan dengan cuka beras anggur. Dinginkan sebentar. Kemudian letakkan selembar nori di atas meja yang Anda gunakan untuk masak. Beri selapis nasi di atasnya dengan tipis. Lalu sisakan di bagian atas dan bawah masing-masing 1 cm. Taburkan wasabi di atas nasi tadi, kemudian susun isinya mulai dari ikan salmon, mentimun, dan alpukat yang telah dipotong. Setelah itu, gulung nori sampai bertemu dengan ujungnya. Potong sushi yang telah jadi menjadi 8 bagian.

Ayam Teriyaki

Sudah tahu kan kalau bumbu teriyaki itu berasal dari Jepang? Bumbu yang memiliki rasa asam campur manis ini bisa dipadukan dengan ayam, ikan, maupun seafood. Untuk membuat ayam teriyaki, Anda harus memiliki bahan-bahan seperti ayam tanpa tulang yang telah dipotong memanjang, paprika, bawang putih, bawang bombay, kecap, jahe, garam, mirin, gula, dan lada bubuk. Untuk memasak ayam teriyaki, Anda bisa memulainya dengan merebus ayam dengan bumbu-bumbu yang meliputi bawang putih, kecap, jahe, mirin, garam, lada bubuk, dan gula. Rendam kurang lebih selama 15 menit. Panaskan minyak goreng di penggorengan, kemudian tumis paprika dengan bawang bombay. Masukkan daging dengan bumbu yang tadi telah digunakan untuk merendam. Tambahkan sedikit air untuk meratakan. Lalu beri penyedap agar semakin ningkat. Ayam teriyaki siap untuk disajikan bersama dengan nasi ketan yang hangat.

Sup Miso

Sup Miso juga merupakan masakan khas Jepang yang patut untuk dicoba di rumah. Di berbagai negara sup miso memang disajikan dengan cara yang berbeda-beda. Apabila di Jepang, sup miso biasanya disajikan berbarengan dengan makanan lainnya. Berbeda dengan di Amerika yang disajikan di awal makan. Bahan-bahan untuk membuat sup miso antara lain tofu, kaldu dashi, bayam, miso, dan minyak goreng. Langkah-langkah membuatnya juga mudah. Pertama, bungkus tohu dengan menggunakan kain bersih. Lalu tekan airnya hingga keluar, setelah itu potong tofu menjadi kecil-kecil. Panaskan minyak goreng di dalam wajah, masukkan tofu ke dalamnya. Tumis tofu yang ada di dalam wajan, kemudian tiriskan. Rebus kaldu dashi hingga mendidih, kemudian masukkan tofu yang telah digoreng tadi. Cairkan miso dengan sedikit kaldu, lalu masukkan ke dalam kaldu yang telah tercampur dengan tofu. Tambahkan bayam yang telah dipotong-potong. Masak semuanya hingga kaldu mendidih. Sup miso pun siap untuk disajikan.

Beberapa resep masakan khas Jepang di atas bisa Anda coba masak sendiri di rumah. Mudah bukan? Sebenarnya memasak makanan Jepang memang tidak sulit, asal bahan-bahan yang dibutuhkan telah tersedia dengan lengkap. Daripada Anda menghabiskan banyak uang untuk mencicipi makanan khas Jepang di restoran yang mematok harga mahal, lebih baik memasak sendiri kan?