Jangan Ngaku Hobi Ngemil Kalau Kamu Belum Mencoba 5 Camilan Khas Jepang Ini!

by
Hiyayakko

Apakah Anda suka menyantap camilan? Jika Anda suka, sebaiknya jangan hanya mencicipi camilan yang itu-itu saja. Sesekali Anda harus mencoba camilan khas Jepang yang jenisnya beragam. Tidak hanya makanan Jepang saja yang perlu dikonsumsi, namun camilan khas Jepang juga perlu dicoba. Mau tahu apa saja makanan ringan khas Jepanag yang menarik untuk dicoba? Simak beberapa poin di bawah ini.

Melonpan

Makanan ringan khas Jepang pertama yang perlu dicicipi ialah melonpan, atau yang biasa ditulis melon pan. Nama kue ini berasal dari bahasa Inggris dan bahasa Portugis. Kata melon berasal dari bahasa Inggris, sedangkan kata pan berasal dari bahasa Portugis yang artinya roti. Melonpan merupakan roti manis yang berlapis dengan adonan biskuit di atasnya. Sudah bisa dibayangkan bagaimana penampakannya kan? Walaupun disebut sebagai roti melon, roti yang satu ini tidak memiliki cita rasa melon sama sekali. Memang bentuknya saja yang mirip dengan buah melon, jika dilihat dari bentuknya yang bundar dan bagian atasnya. Di bagian atasnya, Anda bisa menikmati renyahnya roti ini karena adonan biskuit. Adonan biskuit tersebut diletakkan pada atas roti sebelum dipanggang. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat adonan biskuit ini antara lain terigu, telur, mentega, dan gula pasir.

Senbei

Camilan khas Jepang yang satu ini berasal dari tepung beras yang dibentuk menjadi persegi, bundar, atau persegi panjang yang pipih. Adonan tersebut dimatangkan dengan cara dipanggang sampai berwarna kuning keemasan. Sebenarnya senbei lebih mirip dengan kerupuk yang ada di Indonesia. Namun senbei berukuran lebih tebal jika dibandingkan dengan okaki atau arene yang merupakan camilan khas Jepang lainnya. Untuk masalah rasa, senbei berasa sedikit asing karena dicampur dengan garam rasa selada. Namun untuk beberapa jenis tertentu, senbei ada yang berasa manis. Beberapa varian senbei yang umum ada antara lain senbei rasa kecap asin, rsa wijen , dan rasa miso.

Kintsuba

Kintsuba atau yang sering disebut dengan kintsubayaki merupakan kue asal Jepang yang bentuknya mirip dengan selai kacang merah dibungkus dengan tepung terigu. Adonan yang dipakai untuk membungkus selai kacang merah ini dibuat dari tepung terigu yang telah diencerkan dengan memakai air, lalu diuleni menjadi lembaran yang tipis-tipis. Biasanya kue ini berbentuk bundar, sedangkan permukaannya akan dipanggang di atas wajan datar yang diolesi dengan menggunakan minyak goreng.

Kakigori

Kakigori merupakan sejenis dessert di Jepang yang dibuat dari perpaduan sirup dan es serut. Beberapa rasa populer yang ada pada es ini antara lain ceri, teh stroberi, lemon, melon, anggur, sirup berwarna, dan masih banyak lainnya. Beberapa toko biasanya menyediakan minuman ini dengan variasi yang lebih menarik, yakni dengan menambahkan dua atau lebih jenis sirup yang berbeda-beda. Setelah itu es ini ditambahkan dengan susu kental manis yang dituangkan di atasnya.

Hiyayakko

Makanan ringan yang satu ini dibuat dari tofu dingin yang disajikan dengn topping di atasnya. Kemudian dimakan dengan cara berdampingan bersama nasi. Bisa juga dijadikan sebagai camilan pada saat meminum bir.

Beberapa makanan ringan khas Jepang ini sangat populer di kalangan masyarakat Jepang. Cita rasa camilan Jepang ini memang cukup menggugah selera, sehingga patut Anda coba.