5 Makanan Khas Jepang di Musim Dingin yang Menggugah Selera

by
makanan khas Jepang

Sebagai salah satu negara di dunia yang memiliki empat musim, Jepang memiliki keunikannya tersendiri di musim dingin, salah satunya adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Di saat cuaca sangat dingin dan salju dimana-mana, makanan yang hangat tentu saja pilihan yang tepat. Ada beberapa makanan khas Jepang di musim dingin yang tidak hanya sekedar menghangatkan, tapi juga mengenyangkan dan memberikan pengalaman berbeda saat menyantapnya.

Mizutaki

Jika Anda pecinta sup ayam, makanan khas Jepang yang satu ini pasti juga pas di lidah Anda. meskipun bahan dasar makanan ini adalah ayam, ada banyak jenis sayuran seprti jamur dan wortel yang disertakan sebagai pelengkap. Makanan ini tidak hanya lezat, tapi juga sehat karena kuahnya dibuat dengan sedikit rumput laut yang bernama konbu untuk menambah citarasa. Menariknya, Mizutaki biasanya disajikan dalam hot pot atau panci panas sehingga makanan ini tetap tahan panas meskipun cuaca sedang sangat dingin. Tentunya sekali sendok saja Anda sudah bisa merasakan kehangatannya.

Ramen

Siapa sih yang tidak kenal makanan khas Jepang satu ini? Ramen sudah sangat dikenal dengan baik di Indonesia karena kelezatan rasanya. Bahkan di Indonesia sudah bisa ditemukan banyak sekali kedai atau restoran yang menjual ramen sehingga pecinta mi Jepang yang satu ini tidak perlu susah jika ingin memakannya. Akan tetapi tentunya sayang sekali jika Anda sedang berada di Jepang namun tidak mencoba rasa ramen yang asli disana. Tentunya Anda bisa mendapatkan pengalaman berbeda menyantap ramen favorit Anda.

Tori Zosui

Suka sama bubur ayam? Ada versi Jepang dari bubur ayam yang biasanya dikonsumsi saat musim dingin, Tori Zosui. Lebih tepatnya, makanan ini dibuat dari nasi yang direbus bersama ayam sehingga hampir mirip seperti bubur. Tidak hanya ayam, Tori Zosui juga bisa ditambahkan sayuran atau telur sesuai selera. Karena merupakan salah satu makanan musim dingin, biasanya sup nasi ini dikonsumsi saat masih panas untuk menghangatkan badan.

Yudofu

Masih berhubungan dengan sup, makanan Jepang yang satu ini berbahan dasar tahu yang dijadikan sup. Kuahnya terbuat dari kaldu dan tahunya dikombinasikan dengan sayuran sehingga makanan ini benar-benar menyehatkan. Sama seperti Mizutani, makanan ini juga disajikan didalam hot pot atau panci panas yang diletakkan di atas kompor. Dengan penggunaan hot pot, menyantap yudofu bisa lebih menyenangkan karena kuahnya tetap panas. Untuk menambah rasa biasanya sup ini dimakan bersama dengan tambahan saus yuzu kosho atau ponzu yang terbuat dari campuran garam dan bubuk cabai.

Oden

Yang satu ini terdiri dari berbagai jenis makanan yang variatif tidak hanya sayuran, tapi juga bola ikan, tahu ikan, gurita, cumi dan bakso ikan. Karena disebut juga dengan fish cake, Oden biasanya terdiri dari berbagai jenis olahan dari ikan. Selain dikonsumsi saat musim dingin, Oden juga biasa disantap di malam hari untuk menghangatkan suasana. Sup ini dibuat dengan kuah kaldu ikan yang direbus bersama bahan-bahan tersebut kemudian dimakan dengan tambahan saus manis. Disajikan panas-panas, Oden dapat dinikmati bersama seluruh keluarga.

Sebenarnya Anda tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk bisa menikmati berbagai makanan musim dingin di Jepang tersebut. Memasak sendiri di rumah juga bisa menjadi solusi yang tepat sehingga Anda bisa mengkonsumsinya saat musim hujan tanpa harus membayar mahal.