Resep Membuat Makanan Jepang Sushi yang Mudah Dicoba

by -450 views
Jepang sushi

Makanan Jepang sushi merupakan salah satu jenis makanan dari negeri sakura yang sudah cukup mendunia. Hampir semua orang tahu apa itu sushi meskipun tidak semuanya pernah mencobanya. Karena kepopuleran sushi, banyak masyarakat Indonesia yang menjadikannya salah satu makanan favorit mereka. Jika Anda adalah salah satunya, sushi yang berbahan dasar nasi tersebut mudah dicoba dan dibuat sendiri di rumah jika Anda menyukainya. Dengan membuat sushi sendiri, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menyantapnya di restoran Jepang.

  1. Pertama siapkan beberapa sayuran seperti jamur dan wortel kemudian direbus sebentar saja sampai layu, jangan terlalu lama.
  2. Taruh beberapa potongan mentimun yang sudah diiris memanjang di dalam mangkuk, kemudian campurkan sayuran yang sudah direbus ke dalamnya. Tambahkan kecap asin, aduk rata.
  3. Agar rasanya lebih Indonesia, resep ini tidak menggunakan ikan mentah, namun daging asap yang digoreng kering. Banyak orang Indonesia yang tidak menyukai ikan mentah sehingga resep ini bisa menjadi alternative yang tepat. Daging asap bisa digunakan sendirian atau dikombinasikan dengan telur kemudian dipotong memanjang seukuran dengan sayuran.
  4. Campur beras dan ketan dan masak di rice cooker. Tuang gula, cuka beras dan garam secukupnya dalam mangkuk kemudian campur sampai rata.
  5. Nasi yang sudah matang dicampur dengan cuka secara perlahan agar rata. Lakukan hal tersebut sampai nasi tidak beruap dan terasa lembab.
  6. Langkah selanjutnya merupakan yang paling sulit karena bagi mereka yang belum terbiasa, menggulung sushi akan memakan waktu. Sushi mat pertama harus dilapisi dengan nori terlebih dahulu baru nasi diletakkan dan diratakan hingga seluruh permukaan nori terutup rapi.
  7. Jika nasi sudah tertata rapi, letakkan sayur, daging dan telur diatasnya kemudian gulung sushi mat sambil ditekan-tekan untuk mmadatkan nasi. Jika sudah selesai, sushi bisa langsung dipotong dan dimakan bersama wasabi, kecap atau mayonnaise. Karena tidak menggunakan ikan mentah, sushi ini lebih ramah di lidah orang Indonesia.

Resep ini menggunakan kombinasi antara beras dan ketan karena beras di Indonesia berbeda dengan di Jepang. Disana berasnya bertekstur lengket sedangkan disini tidak. Jadi harus ada campuran ketan agar memiliki tekstur lengket, hanya saja campurannya cukup sedikit saja, satu ons berbanding 1 kilogram beras. Namun jika tersedia di tempat Anda, Anda bisa menggunakan sushi rice atau beras khusus untuk membuat sushi sehingga tidak perlu ada tambahan lagi. Sebaiknya beras dicuci dengan air dingin, bukan air biasa karena vitamin dapat larut dengan mudah dan terbuang jika dicuci dengan air biasa.

Jika Anda menggunakan daging seperti resep ini, daging harus dibuat kering tanpa minyak meskipun digoreng. Minyak pada daging dapat membuat sushi susah digulung dan dipotong. Jadi perhatikan dengan teliti daging yang Anda goreng sebelum meletakkannya diatas nasi. Teknik meletakkan nasi diatas nori pun juga harus diperhatikan. Letakkan sedikit demi sedikit nasinya karena nori jika terkena panas bisa menjadi berantakan. Ratakan secara bertahap agar nori tetap mudah diatur.

Membuat sushi sebenarnya bisa dikreasikan. Anda tidak harus selalu menggunakan wortel atau jamur, namun Anda juga bisa menambahkan alpukat atau sayuran lain yang Anda sukai. Lauknya pun tidak harus daging dan telur karena ada banyak pilihan yang bisa dicoba. Anda tinggal mengkreasikannya sesuai selera agar sushi makanan Jepang yang dibuat bisa dinikmati seluruh keluarga.