Ini Beberapa Kebiasaan Orang Indonesia yang Paling Menyebalkan

by

Setiap negara pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tidak terkecuali Indonesia. Banyak adat istiadat maupun kebiasaan yang bisa dikatakan “berbeda” jika dibandingkan dengan negara lain. Memang setiap negara memiliki adat istiadat serta kebiasaan yang tidak sama. Kebiasaan yang ada pun bisa dikatakan ada yang baik, namun ada juga yang buruk. Tidak sedikit kebiasaan orang Indonesia bisa dikatakan cukup menyebalkan. Tidak bermaksud menyudutkan tanah air, namun kenyataan tersebut lah yang membuat ironis. Apa saja kebiasaan-kebiasaan menyebalkan tersebut? Berikut ini merupakan beberapa kebiasaan orang Indonesia yang paling menyebalkan dan harus dirubah.

Saling menyerobot alias malas mengantri

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebiasaan mengantri orang Indonesia dapat dikatakan cukup buruk. Walaupun ada juga orang Indonesia yang taat pada aturan mengantri. Namun sebagian besar orang Indonesia suka menyobrot saat berada di dalam antrian. Jika dibandingkan dengan negara lain, seperti Amerika misalnya, Indonesia jelas masih harus belajar. Orang Amerika benar-benar taat pada norma yang satu ini.

Merokok di sembarang tempat

Kebiasaan lainnya yang menyebalkan ialah merokok di sembarang tempat. Banyak orang yang dengan seenaknya merokok di sembarang tempat tanpa memperdulikan orang di sekitarnya. Parahnya lagi, ada orang yang tidak melihat atau bahkan pura-pura tidak melihat tulisan larangan merokok yang ada di beberapa tempat umum bebas asap rokok. Sangat menyebalkan, kan?

Suka membuang sampah sembarangan

Selain merokok di sembarang tempat, orang Indonesia juga sering membuang sampah sembarangan. Hal ini memang terkesan lucu. Banyak orang Indonesia yang sering menyalahkan pemerintah atas banjir yang terjadi di banyak tempat. Padahal dirinya sendiri juga tidak peduli dengan lingkungan, salah satunya dengan membuang sampah sembarangan, bahkan untuk sampah pribadinya sendiri pun begitu. Mungkin banyak orang Indonesia yang berpikir, “Ah, biarkan saja buang di sini. Nanti juga akan ada petugas yang membersihkan.”. Tentu saja pemikiran ini yang membuat Indonesia akan semakin terpuruk.

Mungkin tiga kebiasaan orang Indonesia di atas bisa dikatakan yang paling menyebalkan. Tidak bermaksud ingin membandingkan atau memuji negara lain. Tentu kelebihan dari negara kita hendaknya kita jaga dan pertahankan. Sedangkan kelebihan-kelebihan negara lain yang tidak dimiliki oleh negara kita tersebut bisa dijadikan sebagai contoh agar Indonesia bisa lebih maju ke depannya. Mungkin langkah awal yang bisa diambil ialah kesadaran diri dari masing-masing individu untuk menerapkannya.