Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Bangga Jadi Orang Indonesia

by -144 views
orang Indonesia

Banyak orang Indonesia yang merasa kurang bangga dengan negaranya. Memang apabila dibandingkan dengan negara lainnya, Indonesia masih masuk dalam kategori negara berkembang. Indonesia memang masih terbilang muda jika dibandingkan negara-negara lainnya. Negara kita tercinta ini masih tertinggal dalam urusan teknologi, pendidikan, bisnis, dan pemerintahan. Namun sebenarnya Indonesia memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan negara lainnya. Apa saja kelebihan yang dimiliki oleh Indonesia?

Mempunyai pulau-pulau yang termasuk dalam pulau terbesar di dunia

Indonesia yang sering dijuluki sebagai negara kepulauan terbesar di dunia memang memiliki banyak pulau di dalamnya, seperti Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Bali, NTB, NTT, Papua, dan masih banyak lainnya. Tiga di antara pulau-pulau tersebut, yaitu Kalimantan, Sumatera, dan Papua ternyata merupakan bagian dari 6 pulau terbesar yang di dunia. Wuih, keren kan? Kalimantan sendiri mempunyai luas 539.460 km2, Sumatera 473.606 km2, dan Papua 421.981 km2. Kalimantan menjadi pulau terbesar ketiga di dunia.

Kaya dengan budaya

Tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki suku bangsa terbanyak di dunia. Ada sekitar 750 suku bangsa atau etnis di Indonesia. Wajar saja jika Indonesia memiliki beragam kebudayaan serta tradisi di dalamnya. Selain itu, Indonesia juga menjadi pusat bahasa daerah di dunia. Ada sebanyak 538 bahasa serta dialek dari 67 bahasa induk yang dipakai oleh berbagai suku bangsa di Indonesia.

Mempunyai banyak terumbu karang

Untuk masalah kelautan, Indonesia menyumbang sekitar 51.020 kilometer persergi untuk terumbu karang di dunia. Tentu saja jumlah ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang mempunyai jumlah terumbu karang terbesar atau terbanyak di dunia. Setelah itu baru disusul dengan beberapa negara lainnya, yaoti Australia, Filipina, dan Perancis.

Terdapat beraneka ragam flora dan fauna

Selain mempunyai banyak pulau, Indonesiai juga memiliki beragam aneka flora dan fauna. Ada sekitar 515 jenis mamalia, 1.531 jenis burung, 511 jenis reptilia, 270 jenis amphibia, dan 2.827 jenis hewan tak bertulang. Mamalia menyumbangkan sekitar 12% untuk jenis mamalia dunia, reptilia sebanyak 7,3% dari jenis reptilia dunia, dan burung sebanyak 17% dari jenis burung dunia.

Menjadi destinasi tujuan wisata dunia

Masalah wisata alam, Indonesia memang termasuk salah satu negara yang memiliki kekayaan alam luar biasa. Jadi tidak heran jika banyak wisatawan dari luar negeri yang sering berkunjung ke Indonesia. Banyak tempat-tempat wisata di Indonesia yang menjadi favorit para wisatawan asing.

Setelah mengetahui lima kelebihan yang dimiliki oleh Indonesia, apa kamu masih tidak bangga dengan Indonesia?