Tips Jalan-Jalan Murah Keliling Indonesia yang Bisa Dicoba

by -95 views

Sudah sejak dulu Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki keindahan alam begitu luar biasa. Wajar jika banyak orang ingin menjelajahi setiap sudut Indonesia.

Namun terkadang banyak kendala yang membuat kita menjadi sulit untuk mencapai keinginan tersebut. Beberapa kendala yang sering dijumpai antara lain keterbatasan waktu dan keterbatasan dana.

Masalah budget merupakan kendala yang paling sering terjadi. Sebenarnya ada beberapa tips jalan-jalan murah yang bisa dilakukan. Simak tips di bawah ini!

Mengikuti kegiatan open trip atau jalan-jalan bersama teman

Beberapa waktu terakhir, open trip memang sedang menjamur. Wajar saja, kegiatan ini memang menjadi salah satu solusi bagi para wisatawan yang ingin trip hemat.

Kamu bisa melakukan sebuah perjalanan terorganisir secara beramai-ramai menuju ke destinasi tertentu. Tentu sangat cocok bagi kamu yang senang berwisata beramai-ramai.

Daripada takut nyasar kan? Selain open trip, kamu juga berlibur bersama teman-teman agar bisa lebih hemat. Kamu bisa mengajak mereka untuk patungan bersama.

Berburu tiket promo

Tips jalan-jalan murah selanjutnya ialah dengan berburu tiket promo yang dipatok harga jauh di bawah harga normal. Bagaimana caranya biar bisa mendapatkan promo? Tentu kamu harus rajin-rajin mencari informasi terkait hal ini.

Bisa dengan cara membuka website, atau langsung mengikuti akun-akun beberapa maskapai atau travel biar tidak ketinggalan kalau ada promo.

Memilih penginapan yang murah

Agar tidak membuang banyak biaya, kamu bisa mengakalinya dengan menginap di penginapan yang murah. Tidak harus menginap di hotel.

Lebih hemat lagi jika kamu bisa menginap di rumah teman atau keluarga. Kamu bisa mencari informasi penginapan murah di website atau media sosial. Lebih baik jika memesan jauh-jauh hari agar mendapatkan harga terbaik.

Memilih waktu liburan yang tepat

Sebaiknya kamu benar-benar memerhatikan waktu yang tepat untuk liburan jika ingin menghemat banyak biaya. Misalnya saja, jangan pergi saat akhir pekan atau hari libur karena harga pasti akan melonjak.

Kamu bisa memilih hari biasa agar mendapatkan harga normal atau bahkan harga diskon. Sesuaikan waktu liburanmu agar bisa mengajukan cuti jauh-jauh hari.

Selain itu, kamu bisa memilih perjalanan saat malam hari untuk meminimalisir anggaran pengginapan. Kamu bisa tidur di bus, kereta, atau pesawat, sehingga tidak perlu menyewa penginapan lagi.

Itu tadi beberapa tips jalan-jalan murah yang bisa kamu lakukan. Bagaimana, tidak sulit kan? Selamat mencoba dan selamat liburan!