3 Cara untuk Tetap Berpikir Positif Ketika Hidup Terasa Menyebalkan

by -162 views
berpikir positif

Munculnya beragam masalah, situasi, dan kondisi yang ada di kehidupan dapat menyebabkan seseorang merasa hidupnya menyebalkan. Mengapa demikian? Memang tidak bisa dipungkiri bahwa tidak semua orang merasa hidupnya selalu bahagia. Terutama saat mengalami kondisi-kondisi sulit seperti kehilangan orang yang dicintai, memiliki kondisi ekonomi yang buruk, penyakit kronis, dan masih banyak lainnya. Jika hal ini terjadi, wajar saja apabila seseorang tersebut merasa rapuh dan menganggap hidupnya menyebalkan. Namun sebenarnya, perasaan menyebalkan tersebut bisa dihilangkan dengan tetap berpikir positif dan produktif. Berikut ini merupakan strategi untuk tetap berpikir positif ketika hidup terasa menyebalkan.

Mencari tahu penyebabnya

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu alasan mengapa hidupmu terasa menyebalkan. Tentu saja banyak alasan mengapa kamu bisa merasa hidupmu seperti itu. Bisa saja karena stres, cemas, bahkan depresi. Sumber stres ada banyak, misalnya menumpuknya tugas sekolah atau kantor, masalah kehidupan sosial yang buruk, permasalahan keluarga, mengalami sakit kronis, hingga perubahan hidup yang cukup besar.

Mengurangi pikiran negatif

Setelah mengetahui dan menyadari penyebabnya, sebaiknya kamu mulai belajar mengubah sikap maupun pikiran negatif tersebut menjadi positif. Kamu bisa memulainya dengan berkumpul bersama orang-orang yang memiliki pemikiran positif. Jika kamu berkumpul bersama orang yang sering berpikiran negatif, maka stresmu akan semakin meningkat. Tanamkan kata-kata positif di dalam dirimu. Misalnya, “Aku tidak bisa melakukan ini sama sekali”, ubahlah menjadi “Aku harus bisa. Aku akan mencobanya lagi.”. Bisa juga “Perubahan ini terlalu besar untukku. Sangat sulit untukku”. Ubah menjadi “Mari mencoba sesuatu hal yang baru dan menyenangkan”.

Bersosialisasi dan banyak bergaul dengan lingkungan sekitar

Rasa stres yang menghantuimu biasanya membuat kamu menjadi enggan untuk bergaul. Padahal hal ini bisa membuatmu semakin depresi. Sebaiknya kamu bersosialisasi dan banyak bergaul dengan lingkungan sekitar. Cobalah untuk mencari teman baru, kemudian mengobrol santai diselingi bercanda untuk melepas seluruh tekanan. Kamu bisa bergabung di beberapa komunitas atau organisasi untuk mendapatkan teman-teman baru. Jangan lupa untuk selalu bersikap ramah agar orang lain tertarik untuk berteman denganmu.

Itu tadi beberapa strategi untuk membuat hidupmu lebih berarti dan tidak menyebalkan. Beberapa hal yang perlu kamu ingat antara lain menahan emosi, jangan terlalu larut di dalam permasalahn, dan carilah solusinya. Jangan sampai kamu meluapkan emosimu terhadap orang lain, karena hal ini justru bisa semakin memperkeruh masalah. Kemudian jangan membiarkan masalah tersebut terjadi berlarut-larut, carilah solusi terbaik yang bisa dilakukan.