Tips Liburan Hemat di Raja Ampat yang Bisa Dicoba!

by
Raja Ampat

Siapa yang tidak ingin berwisata ke Raja Ampat? Hampir semua orang, terutama para traveller, sangat ingin mengunjungi keindahan alam di timur Indonesia ini. Objek wisata yang satu ini bisa dikatakan sebagai tempat menyelam terbaik di Indonesia, bahkan di dunia. Raja Ampat yang memiliki arti Empat Raja ini terletak di Papua Barat. Keanekaragam biota laut membuat Raja Ampat menjadi tempat wisata yang begitu populer. Namun sayangnya banyak orang yang tidak bisa mengunjungi Raja Ampat karena terbentur masalah biaya. Memang budget yang dikeluarkan selama berlibur di sana cukup banyak. Bahkan bisa dikatakan lebih mahal jika dibandingkan dengan berlibur ke Singapura atau Malaysia. Jika kamu merasakan hal yang serupa, sebaiknya kamu melakukan beberapa contekan berikut ini agar bisa berlibur hemat ke Raja Ampat.

Mencari penerbangan murah

Memang harga penerbangan ke Indonesia Timur biasanya mahal. Untuk ke Raja Ampat, kamu harus mencari penerbangan murah dari Jakarta menuju Sorong. Agar bisa mendaptakan tiket pesawat yang murah, cari lah dari jauh-jauh hari dan pantau terus program tiket promo dari berbagai maskapai penerbangan. Kemudian hindari musim liburan karena biasanya harga tiket pesawat akan melambung tinggi.

Menggunakan kapal laut agar lebih hemat

Selain jalur udara, kamu juga bisa menggunakan kapal laut untuk menuju ke Sorong. Biasanya harganya akan jauh lebih murah daripada pesawat, namun tentu saja waktu tibanya lebih lama. Jika kamu memiliki waktu libur yang cukup panjang, tidak ada salahnya menggunakan kapal laut. Kamu bisa menaiki kapal pelni dengan jalur pelayaran dari Tanjung Priok hingga Sorong. Biasanya akan memakan waktu kurang lebih selama satu minggu. Untuk biayanya dibagi menjadi beberapa kelas, mulai dari Rp 700 ribu hingga Rp 2 juta.

Mencari penginapan yang murah

Agar semakin menghemat biaya pengeluaran, kamu bisa menginap di beberapa penginapan yanng murah di Raja Ampat, seperti homestay. Beberapa rekomendasi homestay yang murah di Raja Ampat antara lain Yenkoranu Homestay dan Fyak Homestay. Kedua homestay ini mematok tarif Rp 250.000 per orang. Harga tersebut juga sudah termasuk dengan makan. Salah satu trik agar kamu bisa mendapat penginapan yang murah adalah cari lah homestay yang berada di pulau kecil yang tenang. Biasanya harganya akan jauh lebih murah.

Menyewa kapal dengan banyak orang

Beberapa tempat wisata yang biasanya menjadi favorit para wisatawan adalah Pulau Wayag. Di pulau ini, kamu bisa menikmati hamparan gunung-gunungn kecil seta laut biru yang begitu menakjubkan. Kamu juga melakukan snorkeling di Teluk Kabui, Five Rocks, dan Waiwo. Agar semakin menekan biaya pengeluaran, kamu bisa mengajak banyak temanmu untuk berlibur agar menghemat biaya sewa kapal selama berada di pulau-pulau yang dikunjungi.

Itu tadi beberapa tips liburan hemat di Raja Ampat yang bisa kamu contek. Masih berminat berlibur ke Raja Ampat? Jangan sampai rencana liburanmu batal hanya karena masalah biaya.