Travel Wisata Raja Ampat: Eksotisme Utama Indonesia

by
Raja Ampat

Indonesia memang dikenal sebagai negara kepulauan yang sungguh kaya akan keindahan alamnya yang luar biasa. Dari Sabang hingga Merauke, Indonesia memiliki kekayaan alam yang belum tentu dimiliki negara lain atau memiliki eksotisme tersendiri yang menjadi ciri khas dan pembeda sehingga mengundang wisatawan untuk berkunjung dan kembali lagi.

Selain Bali sebagai tempat wisata favorit dan cukup terkenal, masih ada lagi tujuan wisata yang juga dikenal wisatawan domestik dan internasional sebagai destinasi wisata Indonesia yang sangat cantik dan wajib masuk dalam daftar kunjungan. Salah satunya adalah Raja Ampat. Melakukan travel wisata Raja Ampat mungkin menjadi impian bagi sebagian orang. Pasalnya, untuk menikmati wisata di tempat ini memang membutuhkan dana dan perjuangan yang besar. Kawasan wisata ini masih sangat minim dari segi transportasi dan akomodasi.

Namun, bagi Anda yang memang berencana untuk melakukan travel wisata Raja Ampat, Anda mungkin akan membutuhkan informasi berupa ulasan dari spot wisata yang terdapat di wilayah tersebut. Berikut kami sajikan ulasan singkat dari beberapa destinasi travel wisata Raja Ampat yang wajib Anda kunjungi.

Pulau Misool

Pulau ini termasuk satu dari empat pulau besar yang lokasinya ada di Kepulauan Raja Ampat. Luas Pulau Misool sendiri mencapai 2.034 km persegi dan berbatasan langsung dengan Laut Seram. Daerah ini dikenal termasuk dalam daerah segitiga karang dunia dengan puluhan jenis ikan hias yang hidup di lautannya. Laut lepas di sekitaran Pulau Misool terkenal sangat luas dan dikenal sebagai jalur lewat untuk ikan besar seperti paus dan gurita.

Daya tarik utama dari Pulau Misool adalah air lautnya yang begitu jernih dengan hembusan angin segar yang menyapa kulit kita. Kekayaan alam bawah laut yang luar biasa juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Maka tak heran bila lokasi lautan di sekitar Pulau Misool kerap menjadi spot snorkeling dan diving karena akan sangat sayang berkunjung ke Pulau Misool tanpa menikmati keindahan alam lautnya.

Jika Anda berkunjung ke Pulau Misool, jangan khawatir mengenai transportasi dan akomodasi karena di pulau ini urusan tersebut cukup lengkap. Di sini Anda bisa menemui penginapan mulai dari yang murah hingga kelas premium dengan transportasi yang tak kalah memadai dan mendukung.

Pulau Salawati

Pulau ini juga dikenal sebagai salah satu dari empat pulau yang ada di Kepulauan Raja Ampat. Luas Pulau Salawati sendiri mencapai 1.623 km persegi. Pulau ini hampir 180 derajat berbeda dengan Pulau Misool yang lebih dipersiapkan dengan adanya penginapan untuk menampung wisatawan. Pulau Salawati sendiri terkenal masih sangat alami dan di sini Anda bisa menemui keperawanannya yang tercermin dari adanya hutan yang berisi pohon sagu yang cukup lebat. Suasana tenang dan sunyi menjadi irama di Pulau Salawati. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan liburan dengan ketenangan dan jauh dari hiruk pikuk kota. Selain diisi dengan lebatnya pohon sagu, di Pulau Salawati Anda juga bisa menyaksikan adanya air terjun, tarian Wor, serta adanya bungker yang merupakan peninggalan Perang Dunia II.

Pulau Wayag

Bisa dikatakan, Pulau Wayag merupakan ikon dari Kepulauan Raja Ampat. Jika Anda menyempatkan waktu untuk mencari foto Pulau Wayag, Anda akan terkesima dengan kecantikan jajaran pulau-pulau di tengah lautan yang bersih dan biru. Pulau ini mulai terkenal sejak sekitar tahun 2009. Jika Anda berkunjung ke Pulau Wayag, maka wajib hukumnya melakukan aktivitas laut seperti diving atau snorkeling untuk menikmati keindahan alam lautnya yang menjadi kekuatan utama Pulau Wayag.

Perlu diketahui, di pulau ini Anda tidak akan menemui penginapan sehingga Anda sendiri harus membawa peralatan berkemah. Jika Anda merasa keberatan dengan hal tersebut, Anda bisa menuju Pulau Waigeo yang berjarak sekitar 3 KM dari Pulau Wayag.

Itulah ulasan singkat dari beberapa destinasi travel wisata Raja Ampat yang perlu Anda tahu dan wajib Raja Ampat Anda kunjungi. Sebuah kesempatan yang besar untuk bisa mengunjungi dan menikmati keindahan Raja Ampat. Maka dari itu jaga dan lestarikan alam kita supaya tetap bisa dinikmati oleh anak cucu nanti.