Resep Ayam Rica-Rica Spesial Pedas Khas Manado

by

Ngetren.co.idKuliner, Rica-rica adalah masakan Indonesia khas Manado Sulawesi Utara. Pada umumnya masakan rica-rica ini memiliki cita rasa yang sangat pedas dan kaya aroma rempah-rempah sebagai bumbunya.

Rempah-rempah yang digunakantidak hanya untuk memberikan aroma harum saja akan tetapi juga memberikan sensasi pedas dan panas pada makanan.

Baca Juga : Ayam Bakar Paniki Pedas Khas Manado

Hampir semua jenis daging bisa dibuat untuk membuat rica-rica namun yang paling umum digunakan sebagai bahan rica-rica adalah ayam, bebek, ikan laut (cakalang),ikan air tawar (ikan mas) dan masih banyak lagi daging yang bisa dimasak dengan bumbu rica-rica.

Rica-rica diolah dengan berbagai macam resep yang berbeda, Rica sendiri berasal dari kata dalam bahasa Manado yang artinya “cabai” atau “pedas”. Rasanya yang enak serta pedasnya yang sangat khas membuat para penikmatnya ketagihan.

Bagi anda yang ingin mecoba masakan yang satu ini anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mudah dan sesuai selera anda. Berikut ini adalah resep rica-rica ayam khas Manado untuk anda.

Resep Ayam Rica-Rica Khas Manado

Bahan-bahan :

  • 1 ekor ayam segar ukuran sedang, cuci bersih lalu dipotong menjadi 8 bagian. Lebih enak kalau menggunakan ayam kampung.
  • 1 sendok teh air jeruk nipis untuk melumuri daging ayamnya.
  • Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 3/4 sendok teh.
  • 4 lembar daun jeruk yang masih segar. Cuci bersih lalu buang tulang daunnya.
  • 2 batang serai yang kondisinya bagus. Cuci bersih lalu potong bagian batang putihnya saja terus dimemarkan supaya aromanya keluar dan harum.
  • Gula pasir putih sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok teh saja.
  • 300 ml air bersih.
  • Minyak goreng atau minyak sayur secukupnya untuk menumis bumbunya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.

Bumbu Tumbuk Kasar:

  • 6 buah cabai merah yang masih segar. Buang tangkainya.
  • 8 butir bawang merah ukuran sedang besar. Kupas kulitnya.
  • 3 siung bawang putih ukuran sedang besar lalu buang kulit luarnya.
  • 1 buah tomat segar. Cuci bersih sebelum digunakan.
  • 2 cm jahe ukuran sedang. Kupas kulit luarnya.

Cara membuat dan memasak ayam bakar rica rica :

  1. Langkah pertama adalah lumuri daging ayam yang sudah dipotong potong dengan menggunakan air jeruk nipis dan juga 1 sendok teh garam sampai semua bagian rata. Lalu Anda diamkan kurang lebih 15 menit supaya meresap.
  2. Selanjutnya siapkan penggorengan dan panaskan minyak untuk menumis bumbu, tumis bumbu tumbuk kasar sampai tercium bau harum.
  3. Masukkan daun jeruk dan juga batang serainya lalu aduk aduk kembali hingga tericum harum.
  4. Kemudian masukkan daging ayam yang sudah dilumuri dengan jeruk dan garam diatas. Setelah itu aduk hingga berubah warna dan bumbunya meresap.
  5. Masukkan sisa garam dapur beryodiumnya, gula putih dan kemudian aduk aduk sampai semua bumbu tercampur rata.
  6. Berikutnya tuang air bersih yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Biarkan hingga bumbu meresap dan juga kuah kental sambil sesekali diaduk aduk supaya rata.
  7. Terakhir Anda bakar ayam di atas bara api hingga harum sambil diolesi sisa bumbu diatas.

Walaupun cara memasaknya sederhana, tetapi kalau masalah rasa tidak kalah bukan dengan versi restauran terkenal. Semoga anda bisa dengan mudah. Selamat Mencoba !!!