Tips dan Trik Liburan Murah di Bali yang Bisa Dicoba

by -165 views

Sejak dulu, Bali merupakan sebuah pulau yang dikenal karena pesona keindahannya. Ada banyak objek wisata di Pulau Dewata yang layak untuk dikunjungi, baik untuk berwisata maupun bulan madu bersama pasangan.

Melancong ke Bali dengan biaya yang minim memang terdengar sulit, apalagi macam-macam kebutuhan di sana dipatok dengan biaya yang cukup mahal. Maklum saja karena Bali memang sangat komersial saat ini, bahkan menjadi destinasi wisata dunia.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Masih ada banyak cara untuk menekan pengeluaran saat pergi berlibur ke Bali. Tentu saja menekan biaya pengeluaran tidak sama dengan mengurangi kenikmatan saat liburan. Berikut ini merupakan beberapa tips dan trik liburan murah di Bali yang bisa dicoba.

Membeli paket liburan dari website e-commerce

Paket liburan yang ditawarkan dari website e-commerce biasanya dipatok dengan harga lebih terjangkau. Anda tidak hanya dapat membeli tiket pesawat atau memesan hotel saja, namun sekarang sudah ada paket liburan ke Bali, yang sudah termasuk akomodasi, tiket pesawat, transportasi dalam kota, makan, hingga tiket masuk objek wisata.

Selain website e-commerce, biasanya ada juga beberapa travel yang mengadakan open trip dengan harga lebih terjangkau. Harganya biasanya berbeda-beda dan tergantung dari apa yang ditawarkan pada paket tersebut. Paket yang dipilih tentu saja harus disesuaikan dengan keinginan dan budget yang dimiliki.

Menyewa hotel yang sederhana

Untuk menghemat pengeluaran saat traveling, Anda bisa menyewa hotel yang sederhana. Apabila Anda memiliki teman atau saudara di Bali, coba saja meminta bantuan mereka untuk menginap di sana agar biaya akomodasi bisa lebih hemat lagi.

Namun jika tidak ada, Anda bisa mencari berbagai hotel, hostel, guest house, hingga bed & breakfast di Bali yang menawarkan harga terjangkau.

Coba cari penginapan yang mematok harga Rp 200.000 per malam, atau malah dibawahnya lagi. Tidak perlu fasilitas yang mewah, toh Anda akan jalan-jalan kan selama di Bali, tidak hanya berada di dalam kamar saja.

Anda bisa lebih berhemat, kemudian mengalokasikan uang tersebut untuk kebutuhan lainnya. Anda juga bisa memanfaatkan beberapa situs online seperti Airbnb yang cenderung menyewakan kamar di rumah pribadi dengan harga lebih terjangkau.

Mencari tempat makan yang murah meriah

Mungkin Anda ingin mencicipi hidangan lezat di berbagai kafe dan restoran di sana. Namun ingat, tentu budget Anda bisa habis apabila menuruti keinginan tersebut.

Lupakan dulu keinginan tersebut. Anda bisa mengeksplor kuliner kaki lima yang ada di Bali. Tentu kelezatannya juga tidak kalah dengan kafe atau restoran di sana.

Kemudian untuk menghindari kebiasaan mengemil yang bisa membuat boros, Anda bisa membawa snack sendiri. Bawa makanan-makanan ringan saat pergi ke berbagai objek wisata agar tidak perlu membeli di sana lagi. Biasanya harga yang dipatok akan jauh lebih mahal daripada harga aslinya.

Membawa kendaraan sendiri

Daripada menghabiskan banyak uang hanya untuk ongkos taxi saja, lebih baik Anda menyewa kendaraan sendiri saja, baik mobil atau motor.

Anda bisa menyewa mobil dengan harga kisaran Rp 30.000 hingga Rp 50.000 per hari. Sedangkan untuk sewa mobil Bali biasanya harganya bervariatif. Anda bisa mencoba mencari rental mobil Bali yang menawarkan harga terjangkau, salah satunya www.karental.id.

Membeli oleh-oleh di tempat yang murah

Anda bisa mencoba membeli oleh-oleh atau cinderamata di tempat yang murah, seperti Pasar Seni Sukawati. Tentu pasar akan mematok harga yang jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan toko modern.

Jangan tergoda dengan penjual asongan di pinggir jalan karena biasanya harga tetap lebih murah di pasar seni. Selain Pasar Seni Sukawati, Anda juga bisa mencoba mencari oleh-oleh di Pasar Seni Tanah Lot dan Pasar Kumbasari.

Itu tadi beberapa tips dan trik liburan murah di Bali yang bisa Anda coba. Ingat, ke Bali tidak harus mahal! Jangan lupa melakukan riset terlebih dahulu sebelum berangkat ke Pulau Dewata. Selamat mencoba!