5 Barang-barang Penting yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Traveling

by -126 views

Bukan tanpa persiapan, traveling adalah muara dari berbagai tindakan penyediaan kebutuhan saat tak berada di rumah. Hendak pergi jauh, akan menjamah sudut-sudut anonim, agenda maha menyenangkan itu hampir pasti tak bisa terlaksana dengan baik bila persiapannya cacat di kanan-kiri.

Memang tak langsung sempurna, soal persiapan, tingkat kematangannya akan ditempa jam terbang. Ya, perjalanan demi perjalanan yang telah ditempuh memberitahu untuk membawa ini dan meninggalkan itu, sambil menyesuaikan destinasi traveling dengan berbagai barang bawaan yang jumlahnya kian efisien.

Kamu berniat traveling dalam waktu dekat? Jangan sampai tak membawa barang-barang penting ini! Bila tidak, bisa-bisa perjalananmu akan terganggu atau malah batal sama sekali.

Nggak mau, kan? Jadi sebelum berangkat, buka kembali tas tangan, backpack atau kopermu untuk memastikan barang-barang ini tak tertinggal di rumah. Berikut ini merupakan barang-barang penting traveling yang tidak boleh terlupakan.

Membawa paspor

Paspor. Benda ini wajib hukumnya bila bepergian ke luar Indonesia. Jadi identitas diri, kamu sudah pasti akan terkena masalah bila lupa membawa atau menghilangkannya, terlebih ketika sudah sampai di negara tujuan. Pastikan ia berada di tempat yang aman, namun mudah diraih.

Bisa dengan memasukkan ke satu folder bersama dengan dokumen penting lain, termasuk KTP, voucher hotel dan sebagainya. Lebih aman lagi, scan paspor sebelum keberangkatan dan simpan di email pribadi. Tindakan ini dilakukan untuk berjaga-jaga bila (sialnya) paspormu hilang ketika tengah traveling.

Obat-obatan yang diperlukan

Banyak yang mengabaikan dengan dalih bisa dibeli di destinasi perjalanan. Namun, bagaimana kalau kamu merasa sakit sebelum sampai? Lagipula, ketersediaan obat, terlebih yang bersifat pribadi, tentu tak akan bisa dipenuhi sembarang apotek.

Mengetahui kondisi diri, pastikan kamu menyisihkan ruang untuk menaruh obat-obatan. Kalau sudah lumayan sering traveling, biasanya akan tahu kok apa yang mesti dibawa dan tidak.

Karena pada dasarnya, tubuh kita akan menyesuaikan diri dengan atmosfer baru. Belum tentu cocok, karenanya ada risiko terserang penyakit, meski yang ringan.

Dompet

Barang penting saat traveling selanjutnya ialah dompet. Apakah kamu tipe orang yang membedakan dompet traveling dengan sehari-hari? Bila iya, pastikan semua kartu penting sudah dipindahkan, termasuk sejumlah uang yang dibutuhkan. Gonda-ganti dompet ini memang memperbesar risiko tertinggal.

Sah-sah saja sebenarnya. Namun, kamu harus mengingat banyak hal bila membedakan dompet sehari-hari dengan traveling. Kalaupun tidak dan tetap takut tertinggal, pastikan ia berada di tas yang isinya memang barang-barang penting. Jadi, kewaspadaanmu sangat mungkin bertambah.

Baju

Baju menjadi elemen paling penting dalam traveling, pastikan kamu tak salah membawa jenis baju. Karenanya, mengetahui cuaca di destinasi tujuan merupakan solusi paling tepat. Bila kamu tengah pergi saat musim dingin, tak mungkin kan yang dibawa malah deretan bikini lucu?

Meski ingin sekali menghindari salah kostum, jangan juga baju bawaanmu jadi berlebih. Pakai kombinasi yang tepat, juga bawalah pakaian berwarna netral agar padu-padan jadi mudah. Jangan sampai nantinya, terlebih saat pulang, jadi kelebihan bagasi.

Stop kontak

Bila traveling di dalam negeri sih kamu tak perlu pusing soal poin ini, namun lain cerita bila tengah pelesiran keluar Indonesia. Mengecek tipe stop kontak penting dilakukan. Indonesia menggunakan tipe C atau F yang berbentuk bulat dua pipih, sama seperti Korea dan kebanyakan negara di Eropa.

Sementara Singapura dan Malaysia menggunakan tipe G yang berbentuk tiga pilih, serta dua pin pipih digunakan di Thailand dan Jepang. Dengan mengetahuinya, kamu jadi bisa menyesuaikan dengan charger gadget milikmu. Beli adaptor jadi solusi terbaik bila kamu traveling ke negara yang tipe stop kontaknya berbeda dengan Indonesia. Itu tadi barang-barang penting traveling. Jangan sampai ada yang tertinggal ya!