Resep Kue Barongko Khas Bugis Makassar

by

Ngetren.co.id – Kue Bugis, Kue Barongko merupakan makanan tradisional khas Bugis-Makassar yang terbuat dari bahan dasar pisang yang dihaluskan, telur, santan, gula pasir, dan garam. Kemudian dibungkus daun pisang lalu dikukus.

Makanan Khas bugis makassar ini sering sekali kami jumpai di acara-acara khususnya sulsel, bahkan sekarang sudah banyak menjual di pasar-pasar yang ada di sulawesi selatan.

Tetapi kali ini kami ingin membahas mengenai cara membuat barongko dan apa aja bahan-bahan yang di perlukan untuk membuat kue khas tradional bugis makassar ini.

Baca Juga: Resep Membuat Sop Saudara Khas Pangkep

Bagaimana sih cara membuatnya ??? tentunya tidak susah, hanya saja butuk kemauan untuk membuatnya, yuk langsung saja kita belajar cara membuat kue Barongko khas bugis makassar.

Bahan Utama Kue Barongko Khas Bugis
1 sisir pisang kepok
300 gram gula pasir
5 butir telur
250 ml santan kental
1 kaleng susu kental manis
Vanili secukupnya
Garam secukupnya
Bahan Untuk Membungkus
Daun pisang secukupnya

Cara Membuat Adonan Kue Barongko Khas Bugis

  1. Apabila bahan-bahan yang sudah ditentukan seperti di atas sudah anda siapkan, maka anda bisa langsung mengolahnya. Dimana langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengolah adonan kue yang satu ini yaitu, kupas terlebih dahulu pisang yang sudah anda siapkan dan buang bagian hitamnya.
  2. Jika sudah, siapkan blender. Masukan pisang yang sudah anda kupas bersama dengan santan. Blender kedua bahan-bahan ini sampai halus.
    Jika pisang sudah halus, anda bisa langsung mematikan blender dan masukan pada tempat atau wadah tertentu. Lalu masukan telur dan aduk sampai merata hingga adonan telur tercampur dengan adonan pisang.
  3. Setelah itu, masukan garam, gula, vanili dan susu. Aduk kembali sampai merata.

 Cara Membungkus Adonan

  1. Jika adonan sudah anda buat, maka anda bisa langsung membungkusnya. Pertama, ambil terlebih dahulu daun pisang muda yang sudah anda siapkan. Lalu potong-potong dengan ukuran sedang.
  2. Ambil satu lembar daun pisang yang sudah anda potong tersebut, kemudian simpan beberapa sendok adonan yang sudah dibuat di atas daun pisang. Lalu bungkus adonan dengan daun pisang tersebut. Untuk merekatkannya anda bisa menggunakan stepler atau diikat agar tidak terlepas.
  3. Siapkan alat-alat untuk mengukus. Lalu kukus semua adonan yang sudah dibungkus tersebut. Kukus selama kurang lebih 25 menit atau sampai benar-benar matang.
  4. Jika sudah matang, anda bisa langsung mengangkatnya. Diamkan beberapa saat baru setelah itu anda bisa langsung menyajikannya.

Semoga resep cara membuat kue khas bugis makassar barongko sangat bermanfaat buat kalian.