Resep Membuat Sop Saudara Khas Pangkep

by

Makanan berkuah yang satu ini berasal dari kota Makassar Sulawesi Selatan. Sop Saudara yang terbuat dari bahan daging sapi, bihun serta kentang goreng yang berbentuk bola-bola kecil, serta paru-paru sapi yang sudah di goreng, lalu di hidangkan dengan nasi putih, ikan bakar dan juga telur rebus sebagai lauk.

Nama Sop Saudara memiliki keunikan tersendiri yaitu ini dipilih karena terinspirasi dari nama “coto paraikatte” (biasa dijadikan nama warung yang menjual Coto Makassar).

Baca juga : Pallubasa Rekomendasi Kuliner Khas Makassar

Dalam bahasa Makassar “paraikatte” berarti “saudara” atau “sesama”. Dengan nama itu, Sang pemilik warung sangat berharap semua orang yang makan di warung ini akan merasa bersaudara dengan pemilik, pelayan dan sesama penikmat Sop Saudara.

Apabila anda berminat membuat makanan yang satu ini maka silahkan anda mengikuti resep yang telah saya sediakan berikut ini:

  • Bahan-Bahan:

1/4 kg daging sapi (bagian sengkel)
50 gr bihun soun,siram air panas sebentar saja
1 btg daun bawang, iris halus
3 buah perkedel kentang
3 buah paru goreng
3 buah ketupat, potong
3 gelas air
3 sdm minyak goreng

  • Bumbu Yang diHaluskan:

6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 sendok teh kunyit
Jinten sepucuk sdt
1/4 buah pala
2 buah kemiri
1 sdt ketumbar disangrai
Garam secukupnya

  • Bumbu-Bumbu Lainya:

1/2 jahe, keprek
3/4 lengkuas, keprek
1 btg serai, keprek
2 lbr daun jeruk iris kasar
1 ruas jari kayu manis
1 sdt gula pasir
1/2 sdt kaldu jika suka

  • Cara Membuat:

Iris dadu daging sapi yang telah disiapkan, lalu rebus sampai benar-benar empuk. Setelah itu angkat dan sisihkan dagingnya (Air rebusan jangan dibuang)

Panaskan 3 sdm minyak, lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai berbau harum, lalu masukkan bumbu lainnya (kecuali kayu manis dan juga kaldu). Tumis sampai layu, angkat.

Masukkan air bekas rebusan daging sebelumnya, nah kemudian silahkan masukan bumbu yang sudah ditumis kedalam panci air rebusan daging, dan masukan kembali daging yang telah ditiriskan. Tambahan kaldu dan kayu manis, masak sampai bumbu benar-bemnar meresap.

Siapkan piring saji, masukan ketupat yang telah dipotong-potong, tambahkan bihun, perkedel dan paru goreng yang telah disiapkan, kemudian siram dengan kuah sop lalu taburi bawang goreng dan daun bawang secukupnya.

Sop saudara siap disajikan. Lebih nikmat dimakan saat panas.