Ini Resep Masakan Korea Halal yang Bisa Dicoba

by
masakan Korea

Ingin menghidangkan masakan Korea di rumah? mudah saja. Ada banyak resep masakan Korea yang bisa dengan aman dikonsumsi tanpa mengkhawatirkan kehalalannya. Biasanya saat makan di restoran atau bahkan saat berada di Korea itu sendiri, Anda mungkin bingung memilih makanan yang halal karena disana mayoritas pendudukny non muslim. Tapi dengan membuat sendiri di rumah Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang halal tanpa mengurangi kelezatan rasanya. Berikut beberap contoh resep masakan Korea mudah dan halal yang bisa Anda coba.

Kimchi soup tahu

Perpaduan antara kimchi dengan tahu ini bisa menjadi menu yang lezat untuk keluarga. Karena salah satu bahannya adalah kimchi, maka Anda harus terlebih dahulu membuat kimchi untuk dijadikan sup. Jika kimchi sudah siap, maka sup bisa mulai dibuat dengan cara merebus jahe serta bawang putih dengan kaldu ayam sampai mendidih. Jika sudah mendidih potong dadu ayam fillet dan masukkan ke dalamnya. Masak hingga warna ayam berubah kemudian masukkan teri Korea yang terlebih dahulu dihaluskan bersama dengan kimchi, garam dan merica. Masak kembali sup sampai mendidih. Apabila sup dirasa sudah matang, tambahkan egg tofu dan aduk sebentar kemudian angkat sup untuk disajikan. Karena berbahan dasar tahu dan kimchi, tentunya makanan Korea yang satu ini tidak perlu dikhawatirkan lagi kekhalalannya.

Sup rumput laut

Satu lagi sajian sup dari Korea yang patut dicoba, sup rumput laut. Dari namanya saja sudah bisa dipastikan makanan ini halal karena berbahan dasar tumbuhan yaitu rumput laut. Akan tetapi rumput laut yang digunakan disini adalah rumput laut kering Korea yang berwarna coklat, jadi perlu direndam dulu di dalam air agar teksturnya berubah menjadi lembut. Jika sudah direndam, air rumput laut bisa disaring. Selain rumput laut, sup ini juga menggunakan daging sirloin sapi yang dipotong halus kemudian direbus diatas api sedang bersama dengan garam, minyak wijen dan kecap asin. Rebus daging selama satu menit kemudian tambahkan lagi kecap asin beserta dan rumput laut, aduk dan rebus kembali. Tunggu sampai mendidih lalu tambahkan air lagi dan bwang putih yang diiris halus, rebus lagi sampai mendidih dalam keadaan panci tertutup. Apabila sudah mendidih, api bisa dikecilkan agar tidak gosong dan tunggu selama kurang lebih dua puluh menit, baru diberi garam secukupnya, diaduk dan disajikan. Sup ini enak dimakan hangat di saat musim dingin.

Bibimbab

Jika sebelumnya sudah ada beberapa resep sup panas lezat, makanan khas Korea yang ini adalah nasi campur gurih. Siapkan nasi pulen dan pastikan tidak terlalu kering ataupun lembek. Setelah itu siapkan campuran nasinya dengan membumbui ayam yang telah diiris tipis dengan garam, bawang putih halus, gula pasir, minyak wijen, cabe bubuk dan merica. Cabe bubuknya opsional dan bisa dihilangkan jika Anda tidak suka pedas. Setelah tercampur rata dengan bumbu, diamkan selama setengah jam baru digoreng dengan minyak yang sedikit sampai matang. Setelah ayam matang, tumis wortel yang sudah dipotong bentuk korek api dengan sedikit minyak sampai layu. Sisihkan kedua bahan tersebut dan pindah ke zucchini. Sayur ini harus dibumbui dengan garam dulu dan didiamkan supaya lemas. Kandungan air di dalamnya perlu diperas pelan-pelan sebelum digoreng sampai layu. Bumbui dengan bawang putih halus terlebih dahulu. Anda juga bisa memakai jamur, sawi, bayam, daun lobak atau pokchoy sebagai topingnya. Semua bahan toping nantinya ditata di atas nasi dan diaduk dulu sebelum dimakan.

Itulah beberapa resep masakan Korea halal yang dapat Anda buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang halal dan sehat.