Ingin Liburan ke Air Terjun? Perhatikan Tips Aman Wisata ke Air Terjun Berikut Ini!

by
air terjun

Air terjun merupakan salah satu fenomena alam menakjubkan yang ada di dunia. Di Indonesia ada banyak wisata air terjun yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati gemuruh air yang turun dari ketinggian. Dari satu sisi, air terjun memang cukup menakutkan karena aliran airnya yang deras, namun di sisi lain air terjun juga membuat udara di sekitarnya menjadi sejuk, sehingga banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara senang menikmati keindahannya.

Apabila Anda ingin berlibur ke air terjun, maka Anda juga perlu melakukan beberapa persiapan penting karena jika dilakukan sembarangan bisa membahayakan diri dan keluarga.

Menentukan waktu datang dan pulang

Waktu terbaik berwisata ke air terjun adalah pagi hari karena cuaca yang masih cerah, di mana udara belum terlalu panas dan masih sejuk. Rencanakan liburan Anda agar Anda bisa sampai di air terjun pagi hari, sedangkan untuk pulang direncanakan sebelum petang. Air terjun biasanya terletak di lokasi pedesaan yang lokasi sekitarnya masih asri dan alami. Apabila Anda pulang pada saat hari sudah gelap, maka hal ini cukup berbahaya karena ada kemungkinan bisa terpeleset. Terlebih lagi cahaya juga masih minim, kemudian jalanan juga licin terkena cipratan air. Selain itu, dalam perjalanan pulang pun kurang aman jika dilakukan dalam keadaan gelap apalagi jika lokasinya di tengah hutan.

Hindari musim hujan

Sebisa mungkin jangan merencanakan liburan ke air terjun pada saat musim hujan sedang berlangsung. Aliran air terjun bisa bertambah deras dan keras di musim hujan karena adanya tambahan air. Selain itu, jalanan dan bebatuan di sekitarnya pun akan semakin licin. Anda juga kurang bisa menikmati keindahan air terjun tersebut di tengah guyuran hujan. Oleh karena itu, pilihlah tempat lain selain air terjun jika Anda memang ingin berlibur di musim hujan.

Menggunakan sandal

Hindari memakai sepatu atau alas kaki yang bisa membahayakan dan berpotensi membuat Anda terjatuh. Jalanan di sekitar air terjun cenderung basah, sehingga sandal jepit bisa menjadi teman terbaik di saat seperti ini. Meskipun Anda mungkin terlihat kurang menarik, namun keselamatan Anda jauh lebih penting. Jadi pastikan untuk membawa sandal jepit di tas Anda agar liburan di air terjun bisa nyaman dan aman.

Berhati-hati dengan keadaan sekitar

Umumnya air terjun terletak di lokasi di mana di sekelilingnya terdapat pepohonan dan tumbuhan. Lokasi seperti ini lah yang dapat berpotensi adanya hewan liar yang membahayakan. Jadi hati-hati dengan adanya hewan buas di sekitar, sebaiknya Anda tetap berada di dalam keramaian serta tidak pergi ke arah pepohonan.

Memerhatikan keamanan saat bermain air

Biasanya wisatawan yang bermain di air terjun akan berdiri tepat di bawah kucuran air yang deras untuk menikmati sensasi tekanan air menyentuh tubuh. Akan tetapi hal ini sebenarnya berbahaya karena air terjun yang mengalir mungkin saja tidak hanya membawa air, tapi juga membawa benda lainnya, seperti batu atau kayu yang bisa mengenai Anda. Demi keamanan, jangan pernah berdiri tepat di bawah kucuran air meskipun hal itu terlihat sangat menyenangkan. Meskipun Anda tidak berencana bermain air, sebaiknya tetap bawa baju ganti untuk berjaga-jaga agar saat pulang Anda bisa memakai baju kering.

Itulah beberapa tips wisata ke air terjun yang bisa Anda persiapkan. Tentunya Anda pasti ingin berlibur dengan aman dan nyaman bersama keluarga di tempat yang asri dan sejuk seperti air terjun, sehingga pastikan Anda mempertimbangkan beberapa hal diatas agar liburan Anda tetap menyenangkan.