Ini Tips Aman Berlibur ke Pulau Komodo yang Harus Diperhatikan

by

Pulau Komodo merupakan salah satu pulau terunik yang ada di Indonesia. Di pulau ini Anda bisa menemukan berbagai hewan langka, yakni komodo. Oleh karena itu, komodo dilindungi di tempat ini walaupun sebenarnya cukup ganas. Akibat keganasan hewan ini, setiap pengunjung di Pulau Komodo harus berhati-hati agar tidak terluka karena binatang tersebut. Perjalanan ke Pulau Komodo cukup melelahkan karena letaknya yang berada di Nusa Tenggara, sehingga biaya transportasi juga cukup mahal. Berikut ini merupakan beberapa tips berlibur dengan aman di Pulau Komodo yang bisa Anda lakukan.

Jangan berjalan sendirian

Jangan pernah berjalan sendirian saat berada di Pulau Komodo, terlebih tanpa didampi oleh local ranger. Seorang local ranger akan memahami betul situasi dan kondisi di sana, sehingga mereka bisa memberikan panduan. Biasanya mereka akan menjelaskan bahwa komodo memiliki penglihatan yang buruk, namun pendengaran serta penciumannya begitu tajam. Seluruh perjalanan yang dilakukan di sana harus sesuai dengan arahan local ranger agar tetap aman. Itulah kenapa para local ranger di sana biasanya membawa sebatang kayu yang ujungnya bercabang dua untuk enghadang para komodo saat mendekat.

Menghindari gerakan tiba-tiba

Komodo cukup responsif dalam mengetahui gerakan benda yang ada di dekatnya. Mereka juga bisa mendekat serta mengejar ke arah di mana gerakan itu berasal. Jadi hindari membuat gerakan spontan saat di dekat mereka agar Anda tidak didekati.

Jangan berisik

Bersikaplah tenang dan hindari berbicara keras saat sedang berada di Pulau Komodo karena komodo sangat sensitif terhadap bunyi suara. Jika mereka mendengar sesuatu, maka mereka bisa berjalan ke arah sumber suara tersebut.

Berlari saat didekati

Tentu saja Anda tidak akan mengharapkan hal ini terjadi. Namun apabila hal ini sudah terlanjur terjadi, Anda harus segera berlari. Berlari di sini bukanlah lari yang biasa Anda lakukan, namun berupa lari zigzag. Dengan berlari zigzag maka Komodo akan sulit mengikuti Anda. Yang menjadi masalah disini ialah komodo dapat berlari sangat cepat dengan kecepatan 18 km per jam, sehingga Anda yang larinya kurang cepat bisa saja terkejar. Solusi lainnya ialah dengan naik ke atas rumah panggung di mana para local ranger berada. Namun tentu saja solusi terbaik yang bisa dilakukan ialah dengan menjaga sikap Anda, di mana Anda tidak memancing komodo untuk mengejar.

Waspada bagi para wanita

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa komodo memiliki penciuman yang sangat tajam, maka sebaiknya wanita haid harus bisa lebih waspada. Bau amis darah bisa tercium oleh komodo, terlebih apabila baunya begitu menyengat karena penciuman mereka sensitif. Oleh karena itu, jangan sampai Anda terpisah dari rombongan apalagi dari local ranger. Tetaplah berada di dalam rombongan karena hal itu mungkin saja bisa menyamarkan bau darah Anda. Selain itu, berpisah dari rombongan juga akan berbahaya karena komodo memiliki warna kulit yang cukup samar, sehingga Anda bisa saja menganggap mereka bagian dari rombongan.

Itu tadi beberapa tips yang perlu diingat saat Anda melakukan perjalanan ke Pulau Komodo. Jika Anda tidak siap dengan keadaannya, maka sebaiknya urungkan niat untuk pergi kesana. Di Indonesia masih banyak pulau indah tanpa binatang buas semacam itu, sehingga Anda bisa berlibur tanpa perlu khawatir dengan keselamatan Anda.