Resep Masakan Korea Kimchi yang Mudah Dicoba

by
Kimchi

Kimchi merupakan salah satu makanan khas Korea yang unik dan menarik karena cara pembuatannya serta rasanya. Dilihat dari bahan-bahannya, kimchi merupakan makanan yang sehat karena bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya adalah sayuran. Kombinasi rasa pedas, asam, manis dan asin pada kimchi bisa memberikan pengalaman tersendiri untuk Anda saat menyantapnya. Yang lebih menarik lagi Anda tidak perlu jauh-jauh ke Korea untuk menikmati kimchi yang lezat karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut resep masakan Korea kimchi yang bisa Anda coba.

  1. Taruh lobak yang sudah dipotong bentuk korek api di dalam wadah dan campur dengan garam dua sendok kemudian diremas agar meresap. Diamkan campuran tersebut sampai layu kurang lebih 4 jam.
  2. Setelah didiamkan, lobak bisa dicuci sampai bersih dari garam hingga tiga kali. Selanjutnya ambil sawi dan siram dengan air di seluruh bagiannya. Buka lembaran-lembarannya dan taburi garam di area tersebut. Ratakan garam pada semua bagian yang keras seperti pangkal dan batang.
  3. Letakkan sawi tersebut di dalam baskom aluminium dan diamkan selama dua jam sampai layu.
  4. Taruh baskom sawi di bawah air mengalir agar sawi dapat tercuci dengan bersih dan garam yang ada di sela-selanya bisa hilang. Pastikan sawi benar-benar bersih, kalau perlu ulangi pencucian hingga tiga kali.
  5. Jika sayuran sudah siap, sekarang buatlah pastanya dengan memasak air dan tepung beras sampai larut dan mengental. Jika adonan sudah meletup, matikan api dan segera masukkan gula pasir kemudian diaduk. Tepung ini harus didinginkan terlebih dahulu sebelum digunakan.
  6. Setelah dingin, bumbui sayur dengan cara menuangkan adonan tepung tadi ke dalam wadah yang besar dan campur dengan cabe bubuk. Aduk sampai keduanya tercampur rata baru kemudian tambahkan bawang putih, kecap ikan, bawang bombay dan jahe, aduk rata kembali. Jika sudah rata masukkan lobak, daun bawang serta wortel. Campur kembali sampai rata baru bumbu siap dipakai.
  7. Bumbui sayuran mulai dari sawi dengan melumurinya dengan pasta tersebut sampai rata. Pastikan Anda mengunakan sarung tangan. Lumuri semua bagiannya hingga ke sela-selanya. Fermentasi sawi tersebut di dalam wadah yang rapat selama kurang lebih dua hari kemudian sawi bisa diletakkan di kulkas untuk dimakan selama beberapa hari ke depan. Anda bisa menggunakan toples sebagai tempat mengawetkan kimchi karena penutupnya cukup rapat. Saat mengisi toples dengan kimchi, pastikan untuk tidak terlalu penuh karena kimchi cukup berair sehingga memerlukan sedikit ruang kosong.

Jika proses fermentasi sedang berlangsung, Anda bisa mengecek apakah prosesnya berhasil atau tidak. Perhatikan apakah ada gelembung di dalam toples. Jika iya, maka fermentasi berhasil. Untuk memastikannya, Anda bisa menggunakan toples kaca sehingga mudah pengecekannya. Saat Anda membuka toples, bau kimchi akan keluar dengan kuat dan sangat asam. Beberapa orang mungkin tidak akan suka baunya, jadi segera tutup toples setelah membukanya agar bau tidak menyebar ke dapur atau rumah Anda.

Itulah resep membuat kimchi masakan Korea yang bisa Anda coba di rumah. Bahan-bahannya mudah didapat dan cara pembuatannya pun sederhana. Sayuran tidak perlu dimasak, cukup difermentasi dan Anda sudah bisa menikmatinya. Setelah jadi kimchi bahkan bisa dimakan selama beberapa hari ke depan. Jadi Anda tidak perlu memikirkan menu harian karena kimchi bisa menjadi pendamping makanan Anda.