5 Resep Masakan Korea yang Mudah dan Halal

by
resep masakan Korea

Makanan Korea ternyata juga banyak yang halal dan bisa dimakan semua kalangan. Menariknya lagi, Anda bisa membuat sendiri di rumah masakan Korea favorit tanpa harus jauh-juh terbang ke Korea. Berikut beberapa inspirasi resep makanan Korea yang mudah dan sederhana namun dengan rasa yang menggugah selera.

Tteokbokki

Tteokbokki atau kue beras merupakan sejenis kudapan yang sangat terkenal di Korea. Makanan ini cocok dikonsumsi di berbagai musim karena rasanya yang pedas dapat menghangatkan suasana di tengah berkumpulnya keluarga. Untuk kue berasnya bisa dibuat menggunakan tepung beras yang dicampur dengan garam dan air panas kemudian dikukus selama kurang lebih setengah jam dengan dialasi aluminium foil. Selanjutnya kukusan kue beras tersebut ditumbuk sambil sesekali dituangkan air mendidih jika adonan terasa sulit ditumbuk. Setelah itu kue beras bisa dibentuk memanjang dan diiris. Kue beras ini bisa langsung dimasak dengan sausnya atau bisa juga disimpan dalam freezer. Untuk sausnya bisa dibuat dengan bubuk cabe merah, Kochujang, dan bawang putih cincang masing-masing satu sendok makan, kalu daging tiga sendok makan dan gula, minyak wijen, lada serta biji wijen  secukupnya kemudian  semua bahan dimasak di wajan dengan sedikit minyak. Jika sudah tercampur kue beras bisa dimasak dengan saus bersama wortel, cabe cincang, bawang Bombay sampai bumbu meresap kemudian disajikan hangat.

Dak Gomtang

Masih bertemakan makanan yang menghangatkan badan, resep kali ini sangat cocok dimakan di musim dingin karena kuahnya yang segar. Dak gomtang atau sup ayam korea dibuat berbahan dasar ayam yang dimasak dengan beberapa bumbu yaitu bwang putih, paprika, jahe, merica, garam, daun bawang dan bawang. Biarkan air mendidih baru kemudian ditutup dan dimasak dengan api sedang selama 50 menit. Jika sudah matang, biarkan dingin baru kemudian ayam dibuang tulangnya dan dipotong dagingnya kecil-kecil. Saring air rebusan ayam agar lemaknya hilang. Jika ingin kaldu ayamnya lebih terasa, rebus kembali tulang ayam sampai beberapa menit untuk memantapakan rasa.

Bulgogi

Masakan satu ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Bulgogi merupakan daging sapi yang diiris tipis dan dimasak dengan bumbu. Pastikan Anda tahu cara mengiris dagingnya agar benar-benar tipis seperti lembaran baru kemudian dicampur dengan jahe, bawang putih, minyak wijen, lada, gula, kecap, dan bawang Bombay. Masak sampai matang dan sajikan bersama campuran gula, minyak wijen dan gochujang.

Kimchi

Satu lagi masakan Korea yang namanya sudah cukup mendunia, Kimchi. Makanan ini tidak hanya mudah dibuat, tapi juga sehat karena terbuat dari sayuran seperti lobak, sawi dan timun. Sayuran-sayuran tersebut kemudian dicampur dengan bumbu yang terdiri dari bawang Bombay, cabe, bawang putih, saus ikan, jahe dan pasta udang. Sayuran pertama harus difermentasi dahulu baru kemudian dimasak dengan bumbu. Makanan ini cukup awet sehingga biasanya orang Korea membuatnya dalam jumlah banyak untuk dimakan beberapa hari.

Chapchae

Chapchae yang ini berbeda dengan di Indonnesia karena chapchae Korea dibuat dengan bahan dasar mi tepung ubi. Namun hampir sama dengan chapchae di tanah air, masakan ini juga dicampur dengan sayuran lain seperti wortel, bayam dan jamur. Bumbunya cukup sederhana tinggal ditambah gula dan kecap agar chapchae siap disantap.

Itulah beberapa resep masakan Korea mudah dan halal yang bisa Anda coba di rumah untuk memberikan hidangan istimewa bagi keluarga.