Panduan Liburan ke Yogyakarta untuk Backpacker

by -129 views

Liburan ala backpacker memang pilihan tepat untuk Anda yang budget nya pas-pasan. Ada banyak tempat travel wisata di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi tanpa harus bayar mahal atau bahkan gratis.

Berlibur memang tidak harus menghabiskan uang. Dengan memilih tempat wisata yang tepat, berlibur akan menjadi jauh lebih murah dan menyenangkan.

Budget terbatas memang kerap menjadi hambatan untuk berlibur karena pemilihan tempat wisata yang salah membuat Anda harus mengeluarkan biaya mahal.

Inilah beberapa rekomendasi tempat wisata yang terjangkau di Yogyakarta untuk menikmati liburan asyik ala backpacker tanpa harus menguras kantong.

Air Terjun Sidoharjo

Foto by: jejakadventure.info

Air terjun merupakan salah satu keindahan alam yang bisa ditemukan di Jogja. Selain sejuk dan segar, berwisata ke air terjun juga murah. Air terjun Sidoharjo menjadi salah satu tujuan wisata air terjun yang menyenangkan karena ini merupakan air terjun tertinggi disana.

Anda hanya perlu berjalan kaki sebentar untuk kesana dan menikmati keindahan alam yang asri serta udaranya yang menyejukkan.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Meskipun hanya sekedar hamparan pasir yang luas, tempat ini cukup unik dan menarik. Tidak heran jika Gumuk Pasir sering dijadikan sebagai tempat foto karena keunikannya.

Tempat ini merupakan fenomena alam yang langka karena hanya ada dua Gumuk Pasir di dunia, satu di Meksiko dan satu lagi di Yogyakarta. Selain indah, tempat wisata ini juga gratis tanpa biaya.

Bukit Parang Endog

Foto by: eksotisjogja.com

Setelah mengunjungi Gumuk Pasir, Anda bisa mampir ke Bukit Parang Endog yang tidak jauh darisana. Anda bisa melihat pemandangan Parangtritis dari sana serta indahnya sunset di sore hari. Tempat ini memang tidak cukup banyak dikenal, namun Bukit dengan ketinggian 300 meter ini bisa menjadi tempat bersantai yang menyenangkan.

Bukit Bintang Gunungkidul

Foto by: eksotisjogja.com

Jika Anda mengunjungi travel wisata di Gunungkidul, jangan lupa mampir ke Bukit Bintang dimana Anda bisa beristirahat sejenak sambil melihat pemandangan malam Jogja yang mengagumkan diatas bukit.

Dinamakan bukit bintang karena pemandangan Jogja yang bisa dilihat dari atas bukit terlihat seperti bintang yang gemerlapan. Sambil melihat pemandangan yang berkilauan tersebut Anda juga bisa menikmati makanan yang disajikan di warung terdekat.

Hutan Pinus Imogiri

Satu lagi travel wisata di Yogjakarta yang dapat memberikan kenyamanan berlibur tanpa harus menghabiskan uang yaitu Hutan Pinus. Disini tempatnya sangat tenang sehingga cocok untuk Anda yang ingin berlibur jauh dari keramaian. Tidak perlu membayar mahal, cukup biaya parkir saja Anda sudah bisa berjelajah di Hutan Pinus yang indah ini.

Malioboro

Sumber: Instagram.com/malioboro_insta

Siapapun pasti tahu tempat populer di Yogyakarta ini. Terletak di jantung kota, Malioboro memang menjadi pusat perbelanjaan paling populer oleh wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh khas Jogja.

Harga barangnya cukup variatif jadi Anda bisa mendapatkan oleh-oleh yang tidak terlalu mahal sesuai dengan budget yang dimiliki. Setelah berkeliling Jogja dan berwisata, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak membeli buah tangan untuk keluarga atau tetangga di Malioboro.

Itulah beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi untuk berlibur tanpa harus menguras kantong.

Travel wisata di Yogyakarta yang murah cukup mudah ditemukan, karena Jogja menawarkan berbagai tempat menarik yang membuat para wisatawan dapat berlibur meski budget pas-pasan. Baik itu tempat wisata alam atau wisata belanja, Jogja menghadirkan pilihan destinasi untuk para pelancong dari dalam maupun dari luar.