Tips Backpacker ke Karimunjawa yang Perlu Dicoba

by -58 views

Karimunjawa merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Banyak orang menyukai objek wisata yang satu ini karena terdapat banyak sekali pemandangan alam yang indah.

Apabila kamu seorang pecinta alam, maka tempat wisata yang satu ini layak untuk dikunjungi. Berwisata ala backpacker ke Karimunjawa sebenarnya juga sangat menyenangkan karena tentunya kamu tidak perlu keluar banyak biaya.

Namun karena Karimunjawa merupakan sebuah pulau dimana kamu perlu menyeberang menggunakan kapal untuk bisa sampai di sana, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum backpackeran, salah satunya mempersiapkan perlengkapan backpacker juga.

Berikut ini merupakan beberapa tips backpacker ke Karimunjawa yang bisa kamu persiapkan.

Mengetahui jadwal keberangkatan kapal

Kapal yang berangkat ke Karimunjawa cukup terbatas, bahkan berangkatnya pun tidak setiap hari. Jika kamu tidak mengetahui jadwal keberangkatannya, maka kamu akan kesulitan melakukan perjalanan.

Jauh-jauh hari tiket harus sudah dipesan sebelum kehabisan, terlebih lagi saat musim liburan. Bahkan tiket ke Karimunjawa bisa habis tiga bulan sebelum liburan tiba.

Menghindari musim hujan

Foto by: hallobogor.com

Hujan bisa membahayakan para traveler karena saat itu air laut biasanya pasang. Secara otomatis kapal tidak berani menyeberang pada saat hujan karena risiko yang terlalu tinggi.

Akibatnya kamu bisa terjebak di Karimunjawa dan tidak bisa pulang sampai hujan reda. Selain itu, kamu juga tidak bisa menikmati keindahan pemandangan secara maksimal pada saat hujan.

Biasanya musim hujan di Karimunjawa terjadi di bulan Januari hingga Februari, sehingga kamu bisa pertimbangkan bulan lain khususnya bulan April hingga September yang dikatakan cocok untuk berlibur di sana.

Datang tepat waktu

Tips backpacker selanjutnya ialah datang tepat waktu. Berangkat menggunakan KMP Muria membuat kamu harus disiplin karena telat sedikit saja mungkin kamu harus beristirahat di tempat yang tidak nyaman selama enam jam.

Perjalanan menggunakan KMP Muria memang lebih lama daripada KMC Kartini yang berangkat dari Kota Semarang. Oleh karena itu persiapkanlah fisik dan mentalmu untuk perjalanan yang cukup panjang tersebut.

KMP Muria berjalan sangat lambat karena kecepatannya hanya 7,5 knot saja. Bersiaplah menghadapi kondisi yang sederhana di dalam kapal dalam waktu yang cukup lama. Mabuk perjalanan mungkin saja terjadi, oleh karena itu jangan lupa siapkan alat perang.

Berhati-Hati saat bermain di air

Meskipun memiliki pemandangan yang mengagumkan, bukan berarti Karimunjawa itu aman-aman saja.

Beberapa karang dan spesies yang ada di sana bisa saja melukai kamu jika tidak berhati-hati. Oleh karena itu, tetap perhatikan keadaan sekitar jika ingin tetap aman selama liburan di sana.

Waspadai ikan pari

Bagi kamu yang mengaku sebagai penggemar snorkeling, waspada juga saat berada di dalam air. Terlebih apabila bertemu dengan ikan pari. Ekor ikan pari yang berduri cukup berbahaya untuk kesehatanmu.

Mempersiapkan fisik yang sehat

Medan perjalanan yang ada di Karimunjawa berbeda dengan keadaan di rumah kamu. Sehingga pastikan kamu dalam keadaan sehat dan fit saat pergi ke sana.

Cuaca yang terik bisa saja membuat kamu cepat lelah. Rajinlah berolahraga sebelum berangkat agar tubuhmu terbiasa dengan kegiatan fisik.

Sudah siap berangkat ke Karimunjawa? Tips backpacker ke Karimunjawa di atas bisa dijadikan sebagai panduan sebelum kamu berangkat ke sana supaya perjalanan tetap aman dan nyaman tanpa gangguan.

Jangan lupa membawa bekal yang cukup dari rumah agar perut tetap terisi selama perjalanan. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan perlengkapan backpacker milikmu selengkap mungkin ya!