Tips Solo Traveling yang Bisa Dicoba

by -116 views

Banyak orang yang merasa takut saat hendak melakukan solo traveling. Memang pergi berlibur sendiri terkesan menyeramkan, apalagi jika tidak benar-benar mengetahui kota atau lokasi yang akan dikunjungi.

Saat pergi traveling sendiri, tentu kamu harus menanggung seluruh risiko sendirian, kemudian mengambil keputusan sendiri tanpa ada pertimbangan orang lain.

Dan yang paling tidak enak ialah saat tidak ada orang yang bisa kamu ajak ngobrol, kecuali orang asing.

Namun, melakukan solo traveling sebenarnya memberikan banyak manfaat lho bagi diri sendiri. Kamu bisa mengenal diri sendiri lebih jauh, seberapa survive-nya dirimu, dan mengukur seberapa kuat instingmu pada dunia.

Namun pergi traveling sendiri memang memiliki banyak risiko yang akan menghadang. Berikut ini merupakan beberapa tips solo traveling yang perlu kamu perhatikan agar perjalananmu bisa semakin menyenangkan.

Mencari informasi detail tentang lokasi

Sebelum kamu berangkat ke lokasi tujuan, sebaiknya cari informasi detail tentang lokasi yang akan dituju. Mulai dari kondisinya, transportasi umum yang dipakai, penginapan yang bisa disinggahi, hingga mana saja rute yang akan dilewati.

Lebih aman lagi jika kamu mencatat seluruh nomor telepon penting yang ada di daerah tersebut. Tujuannya untuk berjaga-jaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Catat nomor-nomor penting seperti nomor kantor polisi, rumah sakit, pemadam kebaran, dan lain-lain.

Berpenampilan yang tidak mencolok

Ingat, penampilan juga menjadi ha yang sangat penting untuk diperhatikan. Jangan menggunakan pakaian atau aksesoris yang mencolok. Tujuannya agar tidak memancing adanya tindak kejahatan. Kita tidak pernah tahu, bukan?

Berinteraksi dengan orang baru

Tips solo traveling selanjutnya ialah dengan berusaha berinteraksi dengan orang baru sebaik mungkin. Kamu bisa berkenalan dan berinteraksi dengan orang baru.

Siapa tahu orang-orang baru tersebut bisa semakin membuka wawasanmu. Namun walau mempercayai mereka, kamu harus tetap waspada ya. Jaga diri dan barang-barang bawaan sebaik mungkin.

Itu tadi beberapa tips solo traveling yang bisa kamu lakukan. Jika kamu sudah berhasil melewatinya, maka berarti kamu sudah mengalahkan rasa takutmu. Kamu juga akan lebih mengenal diri sendiri.

Oh ya, jangan lupa abadikan momenmu selalu solo traveling ya, agar momennya bisa terkenang dengan rapi.