Tips Liburan Murah di Jogja yang Bisa Dicoba

by

Liburan memang menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi setiap orang. Bagaimana tidak, liburan bisa menghilangkan kepenatan dan kejenuhan dari berbagai aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

Saat liburan tiba, pasti daftar seabrek rencana telah disusun. Salah satu kota wisata di Indonesia yang sangat menarik untuk dikunjungi yaitu Jogja. Kota ini memang memiliki banyak pesona, mulai dari keindahan alamnya hingga budayanya yang masih sangat kental hingga saat ini.

Namun, biasanya yang menjadi masalah saat liburan ialah pengeluaran biaya yang membengkak. Jogja memang terkenal sebagai kota yang segala sesuatunya serba murah, namun jangan sampai kamu tidak sadar kemudian kantong terkuras habis.

Berikut ini merupakan tips liburan murah di Jogja yang bisa kamu lakukan selama berlibur.

Pilih penginapan yang murah, tetapi tetap nyaman.

Tidak perlu menginap di hotel berbintang atau kelas atas lainnya. Kamu ke Jogja berniat untuk berlibur kan, bukan sekedar ingin menikmati fasilitas hotel kan? Cari lah penginapan yang mematok tarif cukup murah, namun tetap nyaman untuk dihuni.

Kamu bisa mencari kemudian memesan penginapan dari jauh-jauh hari, supaya tidak kehabisan.

Sebab saat musim liburan, penginapan sejenis ini pasti sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing yang berlibur di Jogja. Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menyewa Guest House secara beramai-ramai.

Kamu bisa benar-benar berhemat. Kamu juga bisa mencari harga paket liburan terjangkau yang biasanya ditawarkan oleh agen-agen travel.

Cari penginapan yang dekat dengan tempat wisata, sehingga menghemat ongkos transportasi.

Agar lebih menghemat lagi, sebaiknya kamu mencari penginapan yang terletak tidak terlalu jauh dari tempat wisata yang hendak dikunjungi.

Supaya ketika menuju lokasi wisata, kamu tidak perlu membuang banyak uang untuk naik kendaraan umum seperti bus, becak, atau andhong (kereta kuda).

Apabila kamu menggunakan kendaraan pribadi pun juga akan tetap menghemat pengeluaran bahan bakar.

Batasi berwisata kuliner dengan makan makanan lokal

Berwisata kuliner memang sangat menyenangkan untuk memanjakan lidah kamu. Namun yang sering terjadi, dompetmu akan semakin terkuras karena terus-terusan berwisata kuliner.

Apabila kamu mengunjungi Jogja dalam waktu yang cukup lama, kamu bisa mengantisipasi hal ini dengan cara membatasi wisata kuliner tersebut.

Kamu bisa membeli makanan khas minimal satu kali dalam sehari, setelah itu kamu bisa makan makanan lokal seperti mie ayam, bakso, soto, warteg, dan lainnya. Lebih murah lagi apabila kamu mencari tempat makan yang berada di sekitar kampus.

Minimalisir biaya transportasi

Kamu bisa meminimalisir biaya transportasi dengan berbagai cara. Misalnya, menyewa mobil beramai-ramai dengan wisatwan lain. Apabila kamu hanya berdua, bisa menyewa sepeda motor untuk berhemat.

Jika ingin lebih hemat lagi, kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti Bus Trans Jogja. Kamu bisa merasakan sensasi menjadi turis saat menaiki bus ini.

Urutkan lokasi tempat wisata yang hendak dikunjungi

Sebelum pergi berlibur ke Jogja, hendaknya kamu membuat daftar urutan lokasi tempat wisata yang hendak dikunjungi terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan agar menghemat waktu dan biaya transportasi Kamu selama di Jogja. Dengan berpatok pada daftar tersebut, jadwal wisatamu akan lebih jelas dan terarah.

Jangan segan untuk menawar ketika berbelanja oleh-oleh

Oleh-oleh memang menjadi barang yang wajib dibeli saat berlibur. Hal ini tentu saja terkadang membuat uang semakin menipis.

Saat berbelanja oleh-oleh, misalnya di Malioboro, jangan sungkan untuk menawar barang tersebut. Semakin lihai kamu menawar, semakin murah barang yang bisa didapat.

Dengan melakukan tips liburan murah di Jogja yang telah dijabarkan di atas, kamu bisa melakukan traveling murah di Jogja. Selamat berlibur!