Resep Sarabba Asli Khas Makassar

by -364 views

Ngetren.co.idKuliner, Tak hanya ada banyak ragam makanan yang tercipta di Indonesia, namun ada banyak pula minuman yang patut di nikmati, salah satunya ialah minuman khas makassar yang satu ini, ya minuman ini dinamakan SARABBA yang mempunyai segudang manfaat bagi tubuh.

Kandungan jahe di dalam sarabba ini mempunyai banyak sekali kebaikan bagi tubuh kita, kebaikan jahe antara lain dapat menghangatkan badan terutama apabila di komsumsi pas lagi musim hujan.

Baca juga : Pallu Cella Khas Bugis Makassar

Minuman ini dapat di nikmati pada tengah malam saat begadang ataupun saat senggang di sore hari.

Tidak perlu jauh-jauh untuk mencari minuman yang satu ini karna anda dapat membuatnya sendiri dengan mudah. Berikut merupakan resep sarabba khas makassar yang bisa anda coba.

Resep Membuat Sarabba

Bahan yang harus disiapkan:

  • air 5 gelas
  • 300 gr jahe yang telah memarkan
  • gula aren atau bisa pula gula merah sekitar 300 gr
  • santan 150 ml
  • 1 kuning telur

Cara membuat:

  1. Cara membuat sarabba makassar yang pertama adalah dengan menyiapkan panci untuk kemudian dimasukkan air yang telah disiapkan sebelumnya.
  2. Selanjutnya, anda bisa memasukkan jahe. jangan lupa untuk memarkannya terlebih dahulu supaya sari- sarinya bisa keluar dan khasiatnya bisa lebih anda manfaatkan.
  3. Selanjutnya masukkan gula aren atau gula merah ke dalam panci dan jangan lupa untuk terus mengaduknya. selanjutnya ditunggu hingga mendidih.
  4. Jika sudah mendidih maka anda bisa memasukkan santan 150 ml. perlu diperhatikan untuk menggunakan api yang kecil supaya santan yang telah dimasukkan tidak pecah- pecah
  5. Langkah terakhir adalah memasukkan kuning telur kedalamnya.

Sangat mudah kan cara membuatnya, selain menghangatkan tubuh minuman ini  juga mampu membuat stamina anda kembali fit.

Selamat Mencoba.