Rekomendasi Sarapan Pagi Non Beras yang Bisa Dicoba

by

Sarapan merupakan kegiatan yang sebenarnya wajib dan penting dilakukan. Mengapa demikian? Kegiatan yang satu ini dapat menjadi bekal dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Beragam aktivitas padat dijalankan mulai pagi hari hingga sore menjelang petang. Tentu saja selama menjalankan aktivitas tersebut Anda membutuhkan banyak energi di dalam tubuh. Dengan berbekal sarapan pagi, Anda memiliki pasokan energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari yang padat. Seluruh kegiatan yang Anda lakukan pun bisa berjalan dengan baik dan semangat.

Beberapa manfaat sarapan yang dapat diperoleh antara lain sebagai sumber energi, mengontrol berat badan dan diet, mengembalikan metabolisme tubuh, meningkatkan konsentrasi otak, menjaga mood, dan kesehatan jangka panjang. Sarapan tidak harus selalu menggunakan nasi, namun juga bisa diganti dengan menu-menu sehat lainnya seperti kentang, roti, sayur, dan lainnya yang mengandung sumber karbohidrat. Berikut ini merupakan 5 sarapan pagi non beras yang bisa Anda coba untuk sehari-hari.

Kentang daging kukus

Anda bisa mengganti menu nasi dengan kentang yang juga menyehatkan dan menyehatkan. Kentang mengandung banyak variasi nutrisi dan serat dengan kalori lebih rendah yang juga mengandung vitamin C. Menu kentang daging kukus bisa menjadi alternatif sarapan sehat non beras. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain kentang yang dikukus dan dihaluskan, daging giling, mentega, bawang putih, merica, gula pasir, garam, dan saus tomat. Cara membuatnya juga mudah. Pertama, campurkan adonan kentang bersama dengan mentega, merica, dan garam. Kemudian aduk seluruhnya hingga merata. Tulis daging giling, bawang putih, dan bawang bombay. Tambahkan garam, merica, saus tomat, dan gula pasir ke dalamnya. Campur seluruhnya dan masak hingga matang merata. Siapkan piring makan yang besar, kemudian oleskan mentega secukupnya. Masukkan sebagian adonan kentang, kemudian isi dengan tumisan daging. Lalu tutup dengan sisa adonan kentang. Setelah semuanya siap, kukus hingga matang. Sajikan kentang daging kukus selagi hangat.

Bubur Jagung Suwir Ayam

Menu kedua yang bisa dicoba adalah bubur jagung suwir ayam. Persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti 2  buah jagung rebus yang disisir atau diblender kasar, ayam suwir, kacang polong, wortel, daun bawang, bawang putih, susu segar, garam, dan lada. Untuk membuatnya, tumis bawang putih kemudian masukkan suwiran daging ayam. Lalu tambahkan dengan daun bawang, kacang polong, dan wortel. Tambahkan jagung yang telah diblender, susu, lada, dan garam. Kemudian aduk seluruhnya hingga rata. Masa sampai mendidih dan sajikan selagi masih panas.

Pancake Jagung

Selain nasi, mie, dan kentang, jenis makanan lainnya yang mengandung gizi yang baik adalah jagung. Jagung memiliki serat yang cukup tinggi dan bisa memenuhi sekitar 18% dari kebutuhan serat harian. Anda bisa mencoba membuat pancake jagung yang terbuat dari tepung jagung, jagung yang telah disisir dagingnya, sereal, putih telur yang telah dikocok hingga kaku, susu cair, kuning telur, mentega yang telah dicairkan, dan garam. Pertama, campurkan sereal, tepung jagung, kuning telur, dan gula pasir hingga rata. Setelah itu tuangkan susu cair dan mentega, kemudian masukkan putih telur. Tambahkan jagung di dalam adonan tadi. Campur dan aduk seluruhnya hingga merata. Tuangkan adonan pancake tersebut ke dalam cetakan pancake. Masak hingga matang.

Ketiga resep di atas bisa Anda coba sebagai menu variasi ketika sarapan. Bosan kan kalau sarapan menunya itu-itu saja? Apabila menunya sudah tidak membosankan, tidak ada lagi alasan untuk tidak sarapan, ya!