5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mengundang Penyakit

by
kebiasaan buruk

Pekerjaan dan aktivitas yang dapat merayap membuat banyak orang terkadang tidak sadar dengan kesehatannya. Bahkan parahnya lagi banyak orang yang tidak sadar bahwa ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa memperbutuk kesehatan, bahkan mengundang penyakit di dalam tubuh. Sebaiknya Anda mengetahui beberapa kebiasaan buruk yang dapat mengundang penyakit berikut ini.

Menonton televisi

Menonton televisi memang cukup menyenangkan. Anda bisa merasakan relaksasi sekaligus mendapatkan hiburan yang diinginkan. Namun apakah Anda pernah berpikir bahwa menonton televisi cukup berbahaya untuk kesehatan? Terutama jika jangka waktu yang Anda gunakan untuk menonton televisi cukup panjang. Menghabiskan waktu untuk menonton televisi dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. Mengapa bisa demikian? Selama menonton tv, tubuh Anda akan sedikit bergerak. Kurangnya bergerak memiliki risiko tinggi terhadap kedua penyakit tersebut.

Membawa tas terlalu berat

Bagi Anda yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, mungkin agak sulit untuk menghindari hal ini. Cobalah cek isi tas yang selama ini Anda bawa, apakah penuh dengan barang yang memang semuanya penting atau tidak. Jika tidak penting, sebaiknya keluarkan barang-barang tersebut dari tas. Membawa beban yang terlalu berat di tas dapat menimbulkan nyeri leher, punggur, hingga membentuk postur tubuh yang buruk. Anda juga bisa mengganti tas tersebut dengan ukuran yang lebih kecil.

Menggunakan sepatu dengan hak tinggi

Kebiasaan ketiga adalah menggunakan sepatu dengan hak tinggi. Bagi sebagian wanita, hal ini memang sulit dihindari. Berbagai acara formal menuntut Anda untuk mengenakannya. Banyak anggapan bahwa ketika menghadiri acara formal memang harus memakai sepatu dengan hak tinggi. Apabila mengenakan sepatu flat atau sneakers dikatakan tidak sopan. Selain itu, sepatu dengan hak yang tinggi memang bisa meningkatkan penampilan menjadi lebih menarik. Namun memakai high heels dengan jangka waktu yang terlalu lama bisa membuat kaki dan punggung menjadi nyeri. Sebaiknya Anda mengurangi kebiasaan menggunakan sepatu hak tinggi pada jangka waktu yang lama. Anda juga bisa mengakalinya dengan memakai sol yang isa mengurangi tekanan pada sendi.

Jarang memotong kuku

Pernahkah Anda berpikir bahwa jarang memotong kuku bisa mengundang penyakit? Mungkin banyak orang yang menganggap remeh hal ini. Banyak kaum wanita yang jarang memotong kuku dengan alasan mempercantik diri. Padahal tangan dan kuku merupakan tempat berkumpulnya kuman. Kuku yang panjang akan membuat kotoran mudah masuk ke dalam tubuh. Jangan hanya rajin mencuci tangan saja dengan sabun, namun Anda juga harus memotong kuku secara rutin untuk menghindar dari berbagai serangan kuman.

Sering merasa galau

Banyak orang yang sering merasa galau, bahkan mengalami efek-efek dari kegalauan tersebut. Jangan anggap remeh galau yang Anda alami. Mungkin Anda berpikir bahwa hal ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan kesehatan. Padahal kunci dari kesehatan adalah rasa bahagia yang Anda miliki di dalam diri. Apabila Anda merasa bahagia, maka Anda bisa menghindar dari berbagai penyakit. Mulai sekarang, buang jauh-jauh perasaan galau di dalam diri Anda. Buat aura positif dengan melakukan berbagai aktivitas yang Anda sukai dan membuat bahagia.

Itu lah beberapa kebiasaan yang dapat mengundang penyakit untuk menyerang kesehatan Anda. Mungkin sebagian dari kebiasaan di atas tidak disangka bisa mengundang penyakit. Oleh karena itu, mulai dari sekarang sebisa mungkin hindari hal-hal di atas, lebih baik lagi jika Anda benar-benar bisa meninggalkan. Dengan mengurangi, Anda bisa menerapkan hidup sehat untuk kehidupan yang lebih baik. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?