Kumpulan Resep Minuman Korea yang Bisa Dicoba di Rumah

by

Korea memiliki beragam jenis kuliner lezat dan menarik yang membuat banyak sekali makanan khas Korea terkenal hingga ke berbagai negara di dunia, salah satunya Indonesia.

Bukan hanya makanannya saja, minuman khas Korea pun banyak varian rasanya. Untuk bisa mencicipi minuman khas Korea, Anda tidak perlu jauh-jauh kesana karena beberapa resep minuman Korea berikut ini bisa Anda buat sendiri di rumah.

Patbingsu

Minuman khas Korea satu ini sudah digemari banyak masyarakat Indonesia karena rasanya yang mudah diadaptasikan dengan lidah orang Indonesia.

Selain itu, minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar sehingga cocok dinikmati di negara tropis seperti Indonesia. Bila Anda tertarik ingin membuatnya, siapkan kacang merah dan rebus di dalam air mendidih yang sudah diberi sedikit gula pasir dan sedikit garam.

Baca Juga: Cobain 5 Makanan Khas Korea yang Halal Ini!

Tunggu sampai air menyusut dan kacang empuk. Setelah itu, geprek es batu dan masukkan ke dalam mangkuk kemudian tambahkan susu cair.

Ambil rebusan kacang dan tuang ke dalam mangkuk tersebut ditambah dengan susu kental manis. Aduk campuran es tersebut sampai rata dan hiasi dengan mocha atau ketan sebagai penambah rasa.

Minuman ini bisa dijadikan lebih manis dengan tambahan gula pasir jika Anda suka yang manis. Bagaimana mudah bukan resep patbingsu ini?

Baesuk

Minuman satu ini agak unik karena rasanya jarang ditemukan di Indonesia. Cara pembuatan minuman Korea ini pun juga sangat unik.

Baesuk dibuat dengan bahan buah pir yang dikupas kulitnya tipis-tipis kemudian dipotong dengan bentuk memanjang. Selanjutnya, siapkan beberapa gram merica hitam untuk ditancapkan pada daging buah pir.

Didihkan air dan masak jahe sampai harum, baru masukkan pir tersebut ke dalamnya hingga buahnya layu.

Kecilkan api saat pir dimasukkan. Untuk memberikan rasa manis, berikan madu secukupnya dan baesuk siap dinikmati.

Campuran jahe dan merica akan memberikan rasa pedas sehingga minuman ini sangat cocok diminum di musim dingin. Namun karena bahan-bahannya yang tidak biasa digunakan dalam pembuatan minuman, lidah orang Indonesia mungkin perlu berdaptasi terlebih dahulu.

Sikhye

Minuman yang biasa disajikan dingin ini tidak kalah uniknya. Sikhye dibuat dari beras dimana di Indonesia belum ada minuman semacam itu. Dimulai dari merendam tepung ragi hingga berubah warna menjadi putih susu, air ragi tersebut kemudian diperas dan disaring.

Lebih praktisnya, Anda bisa langsung menggunakan rice cooker untuk menanak nasi kemudian masukkan air ragi ke dalamnya.

Baca Juga: Inilah Berbagai Minuman Khas Korea dengan Rasa yang Unik

Setelah tiga jam, nasi akan mengapung diatas air ragi dan campuran ini bisa dipindah ke panci untuk dicampur dengan gula kemudian dididihkan menggunakan api kecil. Jika sudah mendidih, Sikhye bisa dimasukkan ke kulkas dan dinikmati saat dingin.

Daechu Senggangcha

Satu lagi minuman hangat dari Korea yang bisa Anda coba di rumah. Minuman ini berbahan dasar buah kurma yang dicuci terlebih dahulu kemudian direbus bersama jahe cincang diatas api sedang selama 20 menit.

Gunakan kurma kering untuk hasil yang maksimal. Tambahkan madu secukupnya sesuai selera. Jika suka yang manis, maka tambahkan agak banyak untuk mendapatkan rasa yang diinginkan.

Jika sudah selsai, tiriskan air dan ambil jahe serta kurmanya agar minuman dapat disajikan bersama beberapa potong kacang pinus diatasnya.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat minuman Korea? Bahan-bahannya mudah didapatkan, murah dan sederhana. Mau yang panas atau dingin, Anda bisa menikmatinya di berbagai cuaca.