Keren! 10 Film Ini Berhasil Menghibur dan Menggambarkan Teori Ilmiah!

by
film fiksi

Sebuah film diciptakan untuk menyajikan informasi baik itu tipe film dokumenter, film percobaan, dan juga film fiksi. Film fiksi merupakan sebuah genre film yang menceritakan sebuah cerita fiktif atau tidak nyata. Biasanya, Amerika menjadi surganya bagi para pecinta film fiksi karena mereka sangat handal membuat sebuah cerita yang tidak nyata yang didukung dengan teknologi mereka yang seolah membuat cerita fiksi itu sungguh nyata.

Mungkin kita tahu sederet judul film fiksi yang pernah memukau kita sebagai penikmat film fiksi. Dari sederet judul film fiksi tersebut, akan dibahas 10 film fiksi terbaik berikut ini.

Interstellar

Film ini disebut sebagai salah satu film fiksi ilmiah terbaik sepanjang sejarah karena memadukan kedalaman pengetahuan yang paling mendekati realitas di dalam menyajikan alur cerita. Teori fisika mengenai lubang cacing (wormhole), gravitasi, hingga dimensi lima disuguhkan dalam alur yang begitu apik dan menarik perhatian penonton terutama mereka yang jatuh cinta terhadap dunia fisika. Film yang dibintangi Anne Hathaway tersebut masuk dalam daftar box office dan menduduki peringkat ke 22 film fiksi ilmiah terbaik sepanjang masa dengan rating 8.6 dari 10 berdasarkan situs imdb.com.

Gravity

Film fiksi ilmiah yang dibintangi oleh Sandra Bullock ini menjadi film yang cukup ramai diperbincangkan bahkan oleh para ilmuwan dunia yang melontarkan pro dan kontra terhadap teori yang digunakan dalam film ini. Beberapa kritikan di antarnaya adalah satelit di ruang angkasa memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk tertabrak batu asteroid dan bisa dikatakan tidak mungkin melakukan perjalanan dari satu satelit ke satelit lain hanya dengan menggunakan pakaian astronot karena letaknya yang diketahui cukup jauh. Meski begitu, film ini cukup diterima masyarakat dengan bukti mendapat rating yang cukup tinggi yaitu 7.9 dari 10.

A Beautiful Mind

Film yang dibintangi oleh Russell Crowe ini juga masuk dalam daftar film fiksi ilmiah terbaik. Peran Crowe di sini sebagai John Forbes Nash yang merupakan seorang matematikawan asal Amerika yang teorinya dikenal memiliki pengaruh besar pada pasar ekonomi, akuntansi, komputer, biologi, politik, dan juga militer. John Nash sendiri memiliki kiprah yang besar di Princeton University sebagai senior dalam penelitian mengenai matematikan dan mendapatkan Nobel Prize pada tahun 1994 di bidang Economic Science. Nash juga dikenal sebagai pengidap penyakit Schizophrenia yang menjadi bagian dari film ini. Rating film A Beautiful Mind cukup tinggi yaitu 8.2 dari 10 berdasarkan situs imdb.com.

The Imitation Game

Film ini juga mengisahkan seorang matematikawan besar yang berkiprah dalam perang dunia II dan ia menjadi orang pertama yang menemukan komputer. Orang tersebut adalah Alan Turing yang berusaha memecahkan kode enigma dengan menciptakan sebuah alat yang disebut komputer dan Cryptographer. Film ini mendapatkan rating 8.1 dari 10 berdasarkan situs imdb.com dan berhasil memenangkan kategori Oscar sebagai Best Writing, Adapted Screenplay di tahun 2015.

October Sky

Film satu ini memiliki latar belakang kisah nyata yang mana perang dunia II sarat dengan ilmu dan makna kehidupan. Pemeran utamanya adalah Jake Gyllenhaal. FIlm ini mengisahkan perjuangan anak muda yang tinggal di sebuah desa pertambangan dan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah dengan cara mengikuti Science Fair Nasional. Film ini sarat dengan kisah pertentangan anak dan ayah hingga perjuangan belajar di tengah sulitnya kehidupan. Tak ketinggalan bumbu kisah persahabatan yang membuat kita akan lebih mengenal nilai seorang sahabat. Film ini semakin berhasil mengurai air mata ketika guru yang memperjuangan serta membimbing mereka sakit. Dialah orang yang menginspirasi mereka membuat sebuah roket hingga melakukan percobaan dan perhitungan berkali-kali.

The Aviator

Film ini menggambarkan kehidupan seorang Howard Hughes (diperankan oleh Leonardo DiCaprio) sebagai pelopor penerbangan dari direktur Hell Angels. Ratingnya tidak cukup buruk yaitu 7.5 dari 10 menurut situs imdb.com. Film ini berhasil masuk dalam 11 nominasi Oscar dan meraih 5 piala Oscar.

Apollo 13

Film satu ini bukan sebuah film baru melainkan film yang tayang tahun 1995 dengan dibintangi salah satu aktor terbaik dunia yaitu Tom Hanks dan disutradarai oleh Ron Howard. Film ini mengisahkan tentang astronot Apollo 13 yang penerbangan misi ke bulan dibatalkan karena adanya kerusakan sistem. Diadaptasi dari buku karangan astronot Jim Lovell dan Jeffrey Kluger dengan judul Lost Moon: The Perilous Voyage of Apollo 13, film ini cukup mendebarkan dalam misi tersebut dengan keakuratan yang cukup baik karena telah bekerja sama dengan pihak NASA mengenai masalah teknis dan penerbangan ketika terjadi kerusakan. Rating film ini 7.6 dari 10 menurut situs imdb.com.

The Theory of Everything

Film satu ini mengisahkan kehidupan dari fisikawan terkemuka dunia yaitu Stephen Hawking dan istrinya. Sekilas nampak sama dengan alur cerita film A Beautiful Mind, namun keduanya jelas berbeda satu sama lain dan alur kisahnya sama-sama patut diacungi jempol. Film ini lebih dominan menceritakan kehidupan sepasang suami istri yang berjuang menjalani kehidupan dengan segala rupa masalah sebagai seorang ilmuwan. Rating film ini masih di bawah film A Beautiful Mind, yakni 7.8 dari 10 menurut situs imdb.com.

The Day After Tomorrow

Meski ratingnya hanya 6.4 dari 10 berdasarkan imdb.com, film ini cukup mendebarkan penontonnya berkat alur cerita yang cukup baik dan didukung dengan teknologi animasi yang diberikan. Sayangnya, beberapa teori ilmiah yang digunakan kurang begitu nyata dan masih banyak yang harus diperbaiki untuk menjadikan film ini mendapatkan rating yang lebih tinggi. Film ini mengisahkan isu dunia yang hingga kini masih menjadi bahan perbincangan yaitu pemanasan global dan perubahan iklim dunia yang mengakibatkan dampak mengerikan seperti es kutub mencair sampai dengan gelombang pasang air laut yang menghantam daratan.

The Martian

Film satu ini mengisahkan seorang astronot bernama Mark Watney yang berjuang bertahan hidup di Planet Mars setelah ditinggal oleh krunya karena diperkirakan telah tewas akibat badai di tengah operasi timnya. Dengan pasokan logistik yang dikatakan sedikit, Watney harus berjuang untuk bisa hidup sembari berusaha mengirimkan pesan ke bumi bahwa dirinya belum meninggal. Film ini mendapatkan rating yang cukup baik yakni 8.2 dari 10 menurut situs imdb.com dan dikatakan sebagai salah satu film fiksi ilmiah terbaik yang masuk dalam jajaran 250 film terbaik sepanjang sejarah di urutan 155 versi imdb.com.

Itulah 10 film fiksi terbaik yang tidak hanya berhasil menghibur penonton dengan akting pemain dan animasi yang diberikan namun juga mengaplikasi teori ilmiah yang bahkan hingga saat ini pun masih menjadi perbincangan hangat di kalangan ilmuwan. Keren sekali bukan?