Travel Wisata Pulau Tidung: Pulau Kecil dengan Pesona yang Besar

by
Pulau Tidung

Indonesia tak pernah kehabisan tempat-tempat unik yang wajib dikunjungi. Setiap mil wilayah Indonesia begitu indah dan jajaran pulau-pulau dari Sabang hingga Merauke sama-sama mempesona wisatawan. Jika Anda hanya mengenal Bali sebagai satu-satunya tempat wisata terbaik di Indonesia, Anda salah besar karena sesungguhnya semua wilayah di Indonesia merupakan tempat wisata terbaik. Salah satu lokasi wisata yang wajib Anda kunjungi di Indonesia adalah Pulau Tidung yang sering dijadikan destinasi travel wisata Pulau Tidung.

Kabar baik bagi Anda yang tinggal di daerah Ibu Kota maupun sekitarnya karena lokasi Pulau Tidung berada di Kepulauan Seribu, Jakarta. Jika Anda berkunjung ke sini dan melakukan travel wisata Pulau Tidung. Anda akan menemui dua pulau yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Di antara kedua pulau cantik ini dihubungkan dengan sebuah jembatan yang dinamai oleh penduduk setempat dengan sebutan Jembatan Cinta.

Jika Anda berkunjung ke lokasi ini, Anda akan menemui sebuah pulau wisata yang menawarkan keindahan alam dan budaya yang masih dipegang teguh. Perkampungan penduduk dan jajaran warung sebagai peyambut Anda di pulau ini. Jangan khawatir, Anda akan mudah menemui beberapa fasilitas umum seperti kantor polisi, sekolah, dan lain-lain yang akan menyambut hangat liburan Anda dengan kehidupan ala penduduk Pulau Tidung.

Nah, ketika sudah sampai di Pulau Tidung, liburan apa saja yang bisa Anda nikmati? Jangan khawatir. Pulau Tidung menawarkan sejumlah destinasi travel wisata Pulau Tidung yang tentunya akan mengesankan Anda. Berikut ulasannya.

Pulau Tidung Besar

Pulau satu ini merupakan pulau yang mempunyai aktivitas kehidupan yang cukup tinggi. Di sini Anda akan menemui penduduk daerah setempat dengan tetap bisa menikmati pesona alam. Yang cukup dijagokan dari Pulau Tidung Besar adalah pantai dengan pasir yang indah serta air laut jernih yang wajib menjadi pemandangan yang diabadikan. Masalah transportasi dan akomodasi pun cukup lengkap dan mudah Anda dapatkan sehingga Anda tak perlu khawatir mengenai hal itu.

Pulau Tidung Kecil

Seperti yang sudah disebutkan bahwa Pulau Tidung terbagi menjadi 2 pulau, di Pulau Tidung Kecil Anda akan jarang menemui penduduk. Pulau ini difungsikan hanya sebagai lokasi budidaya mangrove. Tak hanya berkunjung, Anda juga dapat berpartisipasi dalam menanam pohon mangrove bila Anda mengunjungi Pulau Tidung Kecil.

Makam Keramat

Berwisata ke makam, terdengar mengerikan? Mungkin bagi sebagian orang, berwisata mengunjungi makam menjadi hal yang mengerikan namun juga unik. Di Pulau Tidung Kecil, Anda bisa mengunjungi Makam Keramat yang hanya bisa ditempuh dengan akses berjalan kaki atau sebatas mengendarai sepeda. Makam Keramat ini merupakan makam panglima yang cukup sering dijadikan objek wisata bagi sebagian wisatawan. Tak jarang beberapa agen travel mencantumkan Makam Keramat sebagai salah satu tujuan wisata selama berlibur di Pulau Tidung Kecil.

Pantai Saung Perawan

Pecinta keindahan alam laut pasti tidak akan melewati pesona Pantai Saung Perawan yang juga menjadi salah satu pesona dari Pulau Tidung. Pantai Saung Perawan menawarkan suasana rindangnya pohon yang melindungi Anda dari terik matahari. Berbagai makanan dan minuman dijajakan untuk mendukung kenikmatan Anda selama berada di pantai ini. Pemandangan yang cantik sangat cocok untuk Anda yang mendambakan liburan tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota.

Penangkaran Hiu

Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu bahwa di Karimun Jawa terdapat sebuah penangkaran hiu yang menjadi wisata wajib bagi mereka yang berkunjung. Namun, di Pulau Tidung juga terdapat sebuah penangkaran hiu yang tak kalah menarik. Lokasinya ada di Pulau Pramuka dan di sana juga terdapat penangkaran penyu sisik yang juga bisa menjadi objek wisata selama berlibur di Pulau Tidung.

Itulah ulasan singkat dari beberapa tujuan travel wisata Pulau Tidung yang wajib Anda kunjungi dan nikmati. Jangan lupa untuk selalu membawa uang tunai dibandingkan kartu debit maupun kredit untuk melakukan transaksi selama berlibur di Pulau Tidung. Selamat menikmati liburan menyenangkan di Pulau Tidung!