Pulau Penyu: Tempat Wisata di Bali yang Menawan dan Edukatif

by -129 views

Pulau Penyu merupakan tempat wisata di Bali yang mungkin jarang orang tahu. Namun, tempat ini bisa menjadi pilihan menyenangkan bagi Anda wisatawan yang juga pecinta hewan.

Pulau Penyu menjadi tempat penangkaran satwa Penyu Hijau yang populasinya tergolong langka. Tempat ini dikelola oleh masyarakat sekitar Tanjung Benoa secara swadaya.

Lokasi Obyek Wisata Pulau Penyu

Pulau Penyu berlokasi di Tanjung Benoa yang juga menjadi pusat dari aktivitas Bali watersport. Jadi, di Tanjung Benoa selain melakukan aktivitas Bali watersport, Anda juga dapat berkunjung ke Pulau Penyu sekaligus melihat taman laut yang berada di lepas pantai.

Pulau Penyu juga cocok bagi Anda yang membawa serta anak-anak saat liburan ke tempat wisata di Bali. Pasalnya, Pulau Penyu merupakan tempat wisata yang menyenangkan dan edukatif.

Glass Bottom Boat dapat menjadi pilihan cara terbaik untuk liburan ke Pulau Penyu di Tanjung Benoa. Glass Bottom Boat merupakan sejenis perahu dengan sebagian lantai yang terbuat dari kaca tembus pandang. Perahu ini dapat menampung kapasitas hingga 10 orang.

Dengan menaiki glass bottom boat, Anda dapat menikmati keindahan panorama bawah laut tanpa dari atas perahu tanpa harus menyelam. Aneka ikan berwarna-warni, tumbuh-tumbuhan laut, dan juga beragam binatang laut lainnya menyajikan pemandangan indah yang mengagumkan.

Anda juga dapat memberi makan ikan menggunakan roti dari atas glass bottom boat. Setelah puas melihat-lihat dan memberi makan ikan, perjalanan akan dilanjutkan menuju ke Pulau Penyu dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Selama perjalanan menuju Pulau Penyu dari atas glass bottom boat, Anda dapat menyaksikan keindahan Pantai Tanjung Benoa dengan kapal-kapal yang sedang melakukan bongkar muat.

Selain itu juga tampak sesekali dari kejauhan, pesawat terbang yang mendarat ataupun lepas landas di Bandara Internasional Ngurah Rai.

Harga Tiket Masuk Pulau Penyu

Harga tiket masuk ke Pulau Penyu sekarang ini berkisar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk pelajar maupun anak-anak. Para pemandu akan dengan senang hati mengajak Anda untuk melihat-lihat Penyu Hijau yang ada di penangkaran.

Selain itu, anak-anak juga akan diperkenalkan berbagai macam hal yang berkaitan dengan penangkaran Penyu Hijau, mulai dari cara pemeliharaan, bagaimana menetaskan telurnya, merawat anak penyu yang baru menetas, dan juga melihat-lihat beberapa Penyu Hijau yang sudah berumur ratusan tahun.

Selain Penyu Hijau, di tempat wisata Pulau Penyu ini juga terdapat aneka binatang lainnya, seperti monyet, ular phyton, burung elang, burung kakaktua, kalelawar, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk mengabadikan momen wisata Anda di Pulau Penyu menggunakan kamera.

Itulah daya tarik wisata Pulau Penyu yang dapat menjadi referensi tempat wisata di Bali yang menyenangkan dan edukatif.