Lolai: Negeri di Atas Awan yang Ada di Sulawesi

by

TANA TORAJA – NGETREN.CO.ID, Sulawesi selalu punya cerita. Kali ini ada sebuah kampung di puncak perbukitan dengan pemandangan yang terlalu cantik, Lolai namanya. Lolai atau Lembang Mamulu merupakan sebuah perkampungan di Kecamatan Kapalapitu Kabupaten Toraja Utara. Karena tingginya tempat ini, Lolai seperti di Negeri di atas awan.

Nama Negeri di atas awan adalah julukan yang diberikan oleh pengunjung atau turis yang mampir ke sini. traveler akan melihat gulungan awan putih bergulung di sekeliling kampung. Fenomena sunrise merupakan atraksi dari kampung Lolai. Sang fajar akan muncul dari balik awan dengan semburat jingga yang terpantul di awan. Super cantik!

Sang surya akan keluar menampakan diri sekitar pukul 05.30 WITA. Para wisatawan yang hendak mengabadikan momen ini biasanya mulai berdatangan pada pukul 05.00 WITA atau menginap di malam sebelumnya.

Baca Juga: Keren, Wisata Religi Patung Yesus Tertinggi Ada di Tanah Toraja

Perlahan-lahan keluar dari singgasananya, matahari menunjukkan perubahan cahaya. Bias jingga akan berganti menjadi kekuning-kuningan. Hawa dingin lambat laun beubah menjadi sejuk. Ini yang bikin wisatawan makin betah. Semakin siang, matahari semakin tinggi . Tapi kabut justru menyelimuti perkampungan. Ini akan berlangsung sampai pukul 10.00 WITA.

Pengambilan Gambar pagi hari jam 06.10 di lolai, negeri di atas awan toraja, (Foto by: www.sewadrone.co.id)

Di puncak bukit ada 2 tongkonan dan 3 alang atau lumbung yang menjadi tempat tinggal 3 keluarga. Warung-warung kecil juga berderet rapi menghadap ke timur. Sehingga traveler bisa menikmati sunrise dengan leluasa. Kalau mau ditambah dengan secangkir kopi Toraja pasti lebih nikmat.

Beberapa keluarga sepakat untuk menjadikan Kampung Lolai sebagai destinasi sunrise. Sehingga tanah di sekitar tongkonan boleh digunakan untuk berkemah. Karena populernya tempat ini, saat ini sedang dibangun vip room dan outbond. Sehingga rombongan turis yang datang ke sini bisa tak hanya menikmati sunrise tapi juga suasana Lolai.

Baca Juga: Gumuk pasir toraja lagi tren di sosial media

Jarak yang harus traveler tempuh sekitar 1 jam dari Kota Rantepao Toraja Utara. Traveler bisa menyewa mobil atau menggunakan kendaraan pribadi untuk datang ke sini. Karena akses menuju tempat ini cukup sulit dan trek yang dilalui sangat curam.