Keren, Wisata Religi Patung Yesus Tertinggi Ada di Tanah Toraja

by

TANA TORAJA – NGETREN.CO.ID, Jika Brasil punya patung Yesus terbesar di dunia, maka Indonesia memiliki Patung Yesus Buntu Burake yang diklaim sebagai patung Yesus tertinggi di dunia. Berdiri di atas bukit setinggi 1.700 meter di atas permukaan laut, patung ini memiliki tinggi badan sekitar 45 meter yang terbuat dari coran perunggu. Meski pembangunan belum 100 persen selesai, namun destinasi wisata religi di Tana Toraja, Sulawesi Selatan ini sudah ramai dikunjungi wisatawan.

Banyak berita salah mengenai siapa sebenarnya seniman yang membuat patung Yesus tertinggi di dunia ini. Versi yang benar mengatakan, patung ini dibuat oleh seniman asal Yogyakarta bernama Supriadi, dibantu dengan tim pengecor perunggu, yaitu Wardoyo Suwarto. Patung ini sendiri dibuat atas inisasi Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo dengan tujuan untuk memajukan pariwisata Tana Toraja sebagai salah satu destinasi wisata favorit turis mancanegara di Indonesia.

Baca Juga: Gumuk pasir toraja lagi tren di sosial media

Landmark suatu tempat bisa dijadikan sarana penunjuk identitas maupun menjadi pengingat. Seperti kita kitahui banyak kota-kota di Indonesia punya landmarknya masing-masing, contohnya saja Jakarta yang punya Tugu Monas, Palembang dengan Jembatan Ampera-nya, dan masih banyak lagi.

Bulan Agustus 2015, Kota Makale yang tak lain adalah ibukota dari Kabupaten Tana Toraja meresmikan berdirinya landmark berupa patung Yesus. Tak tanggung-tanggung, patung tersebut termasuk yang tertinggi di dunia, bahkan mengalahkan yang ada di Rio de Jeneiro, Brazil yang telah banyak diketahui menjadi yang tertinggi di dunia.

Lokasi Wisata religi patung yesus tertinggi

Foto by: instagram.com/upphay_motoaja

Patung Yesus raksasa terletak di Puncak Buntu Burake, Kelurahan Buntu Burake, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan berdiri secara keseluruhan setinggi 40 meter di puncak Buntu Burake menghadap Kota Makale digadang-gadang mengalahkan tinggi Patung Kritus Penebus di Brasil karena letaknya berada pada elevasi 1.100 mdpl. Kalau tinggi patungnya saja masih kalah tinggi, namun kalau tinggi dari permukaan laut, monumen di Buntu Burake ini adalah yang tertinggi.

Puncak Buntu Burake yang terletak sekitar tiga kilometer ke timur dari Makale, pusat kota Tana Toraja. Tak begitu jauh dari kolam Makale ke arah Rantepao terdapat lorong di depan SMA 2 Makale yang lumayan menanjak.