Gumuk Pasir Toraja: Wisata Padang Pasir Eksotis

by -676 views

TORAJA – NGETREN.CO.ID, Bukan Toraja namanya apabila tiap hari tidak memiliki hal menarik, terlebih beragam objek wisatanya. Salah satu objek wisata yang patut dikunjungi ialah Gumuk Pasir Toraja. Apa itu sebenarnya gumuk pasir? Gumuk pasir merupakan sebuah gundukan bukit atau igir dari pasir yang terhembus angin. Gumuk pasir dapat dijumpai pada daerah yang memiliki pasir sebagai material utama, kecepatan angin tinggi untuk mengikis dan mengangkut butir-butir berukuran pasir, dan permukaan tanah untuk tempat pengendapan pasir, biasanya terbentuk di daerah arid (kering).

Gumuk pasir cenderung terbentuk dengan penampang tidak simetri. Jika tidak ada stabilisasi oleh vegetasi gumuk pasir cenderung bergeser ke arah angina berhembus, hal ini karena butir-butir pasir terhembus dari depan ke belakang gumuk. Gerakan gumuk pasir pada umumnya kurang dari 30 meter pertahun.

Bentuk gumuk pasir bermacam-macam tergantung pada faktor-faktor jumlah dan ukuran butir pasir, kekuatan dan arah angin, dan keadaan vegetasi. Bentuk gumuk pasir pokok yang perlu dikenal adalah bentuk melintang (transverse), sabit (barchan), parabola (parabolic), dan memanjang (longitudinal dune).

Lokasi Gumuk Pasir

Gumuk pasir di Toraja ini letaknya berada di sebuah daerah terpencil Sumalu di Kecamatan Buntao, Rantebua, Toraja Utara. Jarak tempuhnya sekitar 45 Menit dari Kota Rantepao jika di tempuh menggunakan Kendaraan roda 2. Yang istimewa dari gumuk pasir Toraja adalah bentuknya yang sangat padat. Sebagaimana yang kita ketahui di daerah lain seperti, Jogjakarta juga terdapat wisata gumuk pasir. Hanya saja gumuk pasir yang ada di Jogja bentuknya lebih mirip seperti gurun, karena bentuknya yang tidak padat.

Perlu kamu ketahui bahwa gumuk pasir ini baru ditemukan bulan September lalu. Awalnya para warga setempat tidak menganggapnya sebagai potensi wisata, sehingga mereka biasa-biasa saja. Namun setelah ada kunjungan dan gumuk mereka di pos melalui media sosial, warga baru sadar kalau gumuk yang awalnya biasa-biasa saja bisa menjadi luar biasa.

Baca Juga: Lolai, Negeri di Atas Awan yang Ada di Sulawesi

Kini pendapatan mereka bisa bertambah, dari kunjungan para wisatawan yang datang. Dan gumuk ini, lambat laun akan semakin ramai karena mereka yang sudah berkunjung pasti akan men-sharenya di media sosial.

Bagi kamu yang suka jalan-jalan dan bertepatan mampir ke Tana Toraja, jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata ini. Menikmati wisata alam dengan mendaki puncak gumuk pasir, tentu akan menjadi petualangan yang tak terlupakan.