5 Tempat Wisata di Bogor Anti Mainstream yang Seru untuk Melewati Akhir Pekan

by -106 views

Ada banyak tempat wisata di Bogor yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya yang dekat dengan Jakarta juga membuat kota ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi warga Ibukota.

Berikut ini kami bagikan 5 daftar tempat wisata yang ada di Bogor, cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan di akhir pekan tanpa harus pergi jauh-jauh dari Jakarta.

1. Hutan Pinus Sentul

Anda dapat menuju ke Hutan Pinus Sentul hanya dalam waktu 2 jam perjalanan dari Jakarta (bila arus lancar, tidak macet).

Lokasi wisata di Bogor yang satu ini menyajikan pemandangan yang indah dan fotogenic. Asiknya lagi, di tengah hutan pinus juga terdapat pemandian air panas yang bisa anda nikmati setelah puas mengelilingi hutan.

Lokasi Hutan Pinus Sentul berada di Kampung Ciburial, Ds. Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat. Harga tiket masuk ke Hutan Pinus Sentul sebesar Rp 5.000 saat hari biasa, dan Rp 7.500 pada hari libur nasional.

Sedangkan untuk pemandian air panasnya bisa Anda masuki dengan membayar tiket Rp 25.000 per orang.

2. Kampung Wisata Cinangneng

Lokasinya berada di Jalan Babakan Kemang, RT 01 RW 02, DS. Sihideung Udik, Kec. Ciampea, Bogor. Letaknya tidak jauh dari kampus IPB Dramaga, Kampung Wisata Cinangneng menempati lahan seluas 1,5 hektar yang menampilkan suasana eksotis khas lingkungan pedesaan.

Wisatawan akan diajak untuk menikmati aktivitas dan kehidupan ala masyarakat desa, mulai dari menanam padi, membajak sawah, membuat makanan dan minuman khas Bogor, hingga membuat wayang dari daun singkong.

Kampung Wisata Cinangneng mengusung konsep Agrotourism yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti area persawahan, kebun, sungai, gift shop, cafe, penginapan, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

3. Telaga Warna, Cisarua

Lokasi wisata di Bogor yang selanjutnya terletak di Desa Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kab. Bogor. Sesuai namanya, keistimewaan yang paling menonjol di Telaga Warna Cisarua adalah airnya yang sekali waktu dapat berubah warna.

Selain itu, Telaga Warna Cisarua juga memiliki daya tarik lain, yaitu menjadi habitat hidup bagi sejumlah hewan seperti Macan Tutul, Babi Hutan, dan berbagai macam jenis burung.

Anda dapat memasuki kawasan wisata Telaga Warna Cisarua dengan membayar harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 pada hari biasa, dan Rp 7.500 saat hari libur.

4. Curug Cibaliung

Cukup dengan membayar harga tiket masuk sebesar Rp 10 ribu per orang, Anda dapat merasakan segarnya bermain air di Curug Cibaliung. Udaranya yang sejuk dan pemandangannya yang indah dan asri akan membuat Anda betah berlama-lama saat berada di tempat ini.

Lokasi Curug Cibaliung berada di kawasan Sentul, alamat tepatnya di Kampung Wadung, Ds. Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

5. Curug Ciherang Jonggol

Tempat wisata yang anti mainstream di Bogor yang terakhir adalah Rumah Pohon dan Jembatan Kayu Gantung yang berada di kawasan wisata Curug Ciherang, Jonggol.

Airnya yang jernih dan segar membuat siapapun yang datang ke tempat ini selalu ingin merendamkan kaki ke dalamnya. Agak berbeda dengan air terjun pada umumnya, air yang terjun di Curug Ciherang mengalir deras mengikuti kelokan-kelokan sampai ke bawah.

Rumah pohon dan jembatan gantung yang berada di area wisata dapat menjadi spot yang menarik untuk Anda melakukan foto maupun selfie.

Itulah tempat wisata di Bogor anti mainstream yang bisa menjadi rujukan Anda untuk menghabiskan waktu liburan di akhir pekan. Semoga akhir pekan Anda semakin menyenangkan.