3 Wisata Alam Makassar yang Cocok untuk Sang Petualang

by -96 views

Ada banyak pilihan tempat wisata di Makassar. Selain Pantai Losari dan Fort Rotterdam, masih banyak lagi tempat wisata alam Makassar yang cocok untuk Anda yang memiliki jiwa petualang.

Nah, apakah Anda sudah siap untuk menjelajahi tempat-tempat wisata alam tersebut? Yuk, kita jalan-jalan menyusuri tempat wisata alam Makassar berikut ini!

1. Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke adalah salah satu dari sejumlah pulau di Sulawesi Selatan yang tak berpenghuni. Jaraknya sekitar 14 kilometer dari Pantai Losari Makassar, atau sekitar 20-30 menit perjalanan dari Pulau Samalona.

Meskipun pulau ini kecil dengan bentuk memanjang dari timur laut sampai barat daya, namun panorama alam di tempat ini begitu mengagumkan.

Hamparan pasir putihnya yang halus, air lautnya yang berwarna biru dan jernih, menyuguhkan pemandangan cantik yang begitu mengesankan.

Terumbu karang di sekitar Pulau Kodingareng Keke juga masih alami, cocok bagi Anda yang hobi diving ataupun snorkeling.

2. Air Terjun Takapala

Lokasi Air Terjun Takapala terletak di Kawasan Malino, Kecamatan Tinggi-moncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan. Air terjun ini berada di ketinggian 900-1500 mdpl.

Suasana di wisata alam Makassar yang satu ini begitu sejuk dan segar karena berada di kaki Gunung Bawakaraeng. Keindahan Air Terjun Takapala tersembunyi di antara sela-sela perbukitan dan rimbunan pepohonan.

Ketinggian air terjun yang mencapai 100 meter menyajikan pemandangan alam yang indah dan megah.

Debit air yang besar dengan ketinggian yang cukup, menghasilkan kabut dan pelangi yang indah di sekitar bagian bawah air terjun.

Di sekitar kolam kecil di bawah air terjun terdapat bebatuan vulkanik dengan ukuran yang cukup besar. Spot ini sangat instagramable dan menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang ingin berfoto maupun selfie.

3. Pulau Kayangan

Foto by: Wisata Sulawesi

Sesuai dengan namanya, Pulau Kayangan merupakan tempat wisata di Makassar yang menyajikan pemandangan alam yang indah dan menenangkan.

Pulau Kayangan merupakan sebuah pulau kecil berpasir putih dengan luas sekitar 1 hektare. Jaraknya sekitar 10 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 19 menit dari pusat kota Makassar.

Oleh karena air lautnya yang begitu jernih, Anda dapat melihat bebatuan karang di dasar laut dari atas permukaan.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di wisata alam Makassar yang satu ini, mulai dari snorkeling, bermain jetski, memancing, atau sekadar duduk bersantai menikmati panorama alam yang indah dan mengagumkan di sekitar Pulau Kayangan.