Tips Penting Sebelum Merencanakan Travel Wisata Gunung Bromo

by
Gunung Bromo

Merencanakan perjalanan dengan travel wisata Gunung Bromo tentu akan menjadi sebuah pengalaman yang mengasyikkan. Wisata Gunung Bromo cukup populer sebagai salah satu tempat wisata gunung terbaik di Indonesia. Tak heran jika tempat wisata ini selalu kebanjiran pengunjung baik wisatawan lokal maupun mancanegara khususnya pada hari-hari libur.

Gunung Bromo termasuk gunung berapi aktif yang dikelilingi lautan pasir seluas 10 km2 dengan suhu udara yang mencapai 2 – 20 derajat Celcius pada puncaknya. Gunung Bromo juga wisata gunung yang menawarkan panorama sunset paling memikat di Nusantara. Inilah salah satu keunikan gunung Bromo yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Sebelum melakukan perjalanan dengan travel wisata Gunung Bromo, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan agar semuanya berjalan lancar. Berikut ini tips penting yang harus Anda perhatikan.

Merencanakan jauh hari sebelumnya

Sebelum melakukan perjalanan wisata, adalah hal yang wajib bagi Anda dalam merencanakan perjalanan jauh hari sebelumnya. Perencanaan ini meliputi transportasi, akomodasi, rencana kegiatan dan sebagainya. Perencanaan yang tepat juga akan turut menentukan besarnya dana  yang dibutuhkan agar perjalanan menjadi nyaman dan menyenangkan.

Memilih waktu yang tepat

Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan wisata ke gunung Bromo yaitu saat musim kemarau tiba. Mengapa demikian? Karena pada musim tersebut, Anda akan dapat menyaksikan matahari terbit lebih indah dan lebih bulat kemerahan. Selain itu, Anda akan dapat melakukan eksplorasi wisata dengan lebih leluasa dan nyaman jika dibandingkan saat musim penghujan.

Mempersiapkan fisik sebelum keberangkatan

Meski gunung Bromo bukanlah gunung yang tinggi dan memerlukan aktivitas ekstrem, namun ada baiknya jika Anda mempersiapkan fisik sebelum keberangkatan. Persiapan fisik ini untuk membantu Anda tetap tahan menghadapi cuaca dan suhu udara yang sangat dingin disana, termasuk ketahanan tubuh ketika ingin melihat kawah gunung Bromo dengan menaiki 250 anak tangganya. Kondisi tubuh yang fit juga tidak akan membuat Anda mudah lelah dan sakit selama perjalanan.

Pesan penginapan sebelumnya

Seperti kita tahu, gunung Bromo adalah salah satu destinasi wisata favorit yang ramai dikunjungi wisatawan. Terutama di hari-hari khusus seperti hari libur nasional, hari libur sekolah dan sebagainya. Nah, agar tidak kehabisan penginapan, adalah hal yang wajib bagi Anda yang berencana menginap di Bromo agar memesan penginapan sebelumnya termasuk jika ingin menyewa mobil jeep untuk mengeksplorasi seputar gunung Bromo.

Memeriksa kendaraan sebelum berangkat

Untuk menjaga kenyamanan selama perjalanan, usahakan memeriksa kendaraan terlebih dahulu sebelum digunakan travel wisata Gunung Bromo. Hal ini disebabkan kondisi jalan yang berkelok dan menanjak sehingga membutuhkan kondisi kendaraan yang prima selama perjalanan menuju puncak Bromo.

Mempersiapkan pakaian dan peralatan yang dibutuhkan

Tantangan berikutnya setelah perjalanan adalah kita akan menghadapi suhu dingin yang bisa mencapai 10 derajat Celcius di gunung Bromo. Jadi usahakan membawa persiapan pakaian yang dibutuhkan, seperti jaket tebal dan kaos lengan panjang sebagai dalamannya, celana panjang tebal, syal, kupluk, sarung tangan, sepatu hiking, lampu senter, masker, kacamata, kamera dan sebagainya. Jika Anda lupa membawa beberapa perlengkapan seperti syal, kupluk atau sarung tangan, jangan khawatir karena disana ada banyak penjual yang menyediakannya meski dengan harga jauh lebih mahal.

Membawa makanan dan minuman

Daripada membeli di lokasi wisata yang harganya pasti jauh lebih mahal, lebih baik Anda membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah. Udara dingin yang menusuk tulang tentu membuat Anda kelaparan, jadi sediakan makanan dan minuman yang dapat meningkatkan stamina sekaligus menghangatkan tubuh.

Mempersiapkan uang tunai secukupnya

Sebaiknya siapkan uang tunai yang cukup selama melakukan travel wisata gunung Bromo. Di lokasi wisata, Anda tidak akan menemukan mesin ATM jika sewaktu-waktu membutuhkan dana tunai. Jadi persiapkan secukupnya agar perjalanan wisata menjadi nyaman dan menyenangkan.

Itulah beberapa tips penting yang dapat Anda lakukan sebelum merencanakan travel wisata gunung Bromo. Tak ada salahnya mempersiapkan segala sesuatu sedini mungkin untuk menghindari kekacauan perjalanan wisata nantinya.